Indoleaks, ‘Wikileaksnya’ Indonesia

Setelah jagad dunia maya dihebohkan dengan Wikileaks yang membocorkan ribuan kawat diplomatik milik pemerintah Amerika Serikat (AS), kini Indonesia juga memiliki situs sejenis. Namanya Indoleaks, situs ini pun siap mengumbar dokumen rahasia terkait peristiwa yang terjadi di Indonesia.

Dalam situsnya, pengelola Indoleaks mengaku muncul sebagai jawaban atas kebuntuan informasi. Terutama informasi yang berpeluang menjadi bumerang bagi penguasa, politisi dan kaum jahat lainnya di Indonesia.

“Indoleaks berusaha memilah dan memilih dokumen yang seharusnya diketahui publik, dari ratusan koleksi Indoleaks. Kami akan terus mendobrak kebuntuan informasi, dengan mempublikasikan hak kita yang bernama informasi,” tulisnya.

“Bagi kami, diamnya orang tertindas, lebih hina dari penindas itu sendiri. Mari kita bersuara. Mendobrak kebuntuan informasi,” mereka menegaskan, seperti dikutip detikINET, Jumat (10/12/2010).

Sebagai media yang mengusung kebebasan informasi, Indoleaks mengaku siap membeberkan semua dokumen yang dianggap memiliki kepentingan publik, misalnya beberapa penyelewengan dari instansi tertentu yang diduga sengaja disembunyikan dari publik.

Pengunjung juga dikatakan bisa berkontribusi dalam membeberkan informasi yang terbilang ‘rahasia’ lewat saluran ini. Hanya saja mereka memiliki beberapa ketentuan yakni:

  • Dokumen harus ORISINIL, tanpa ada opini pengirim di dalamnya.
  • Indoleaks.org akan menyebutkan sumber dokumen adalah ANONIM.
  • Dokumen yang dipublikasikan adalah dokumen yang MEMILIKI kepentingan publik.
  • Indoleaks.org TIDAK akan mempublikasikan informasi yang terkait dengan rekening bank, medical record, dan rahasia pribadi lainnya.
  • Indoleaks.org TIDAK bertanggung jawab atas penggunaan dokumen yang dipublikasikan.

“Semua dokumen di Indoleaks, kami sajikan secara verbatim. Apa adanya. Dan, tentu saja, masih orisinil dari tangan pertama,” pungkasnya.

Apa saja yang dibocorkan Indoleaks? Tunggu berita selanjutnya!

sumber tulisan : www.detik.com

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

3 Comments

Add a Comment
  1. semuanya bisa bias om kalau semua website mengklaim ini dari wikileaks.. padahal karangan sendiri..

    tentu ada yang memanfaatkannya untuk menebar fitnah dan kebohongan kecuali dapet endorsement langsung dari pihak wikileaks.

  2. Semoga bukan ajang perang dunia maya

  3. sudah ke webnya tapi tetep bingung saja,,maksudnya gimana ya

Leave a Reply

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap