Rumah Shaleh

Berbagi Untuk Negeri

Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memiliki Kartu Kredit

“Cukup gesek kartu kredit saja, beres”.

Kata-kata itu cukup ampuh kalau sedang berbelanja namun sengaja tidak membawa uang cash atau ternyata uang cash yang dibawa tidak cukup. Penggunaan kartu kredit memang telah menjamur bahkan hampir dibeberapa mall ada saja orang-orang yang bertugas menawarkan kartu kredit bank tertentu dengan segala kemudahan serta keuntungan kalau memiliki kartu kredit. Bagi mereka yang suka atau malah hobi berbelanja, kartu kredit sangat membantu dalam hal pembayaran. Seperti kata diatas, gesekan saja, beres.

tips kartu kredit

Penggunaan kartu kredit sendiri memang terlihat mudah dan menyenangkan. Mudah dan menyenangkan karena kita bisa dengan leluasa pergi ke tempat perbelanjaan tanpa uang cash, cukup membawa kartu kredit saja, belanjaan sudah ada di tangan. Namun, dibalik kemudahaan tersebut tentu juga menyimpan sebuah persoalan. Salah satunya adalah soal pembayaran kartu kredit itu sendiri. Bagi yang baru menggunakan kartu kredit mungkin agak bingung soal pembayaran, apalagi ada istilah jatuh tempo. Rata-rata bank menentukan jatuh temponya adalah lima belas hari setelah cetak transaksi namun alangkah baiknya memang sebelum membuat kartu kredit, bertanyalah sedetailnya tentang kartu kredit. Bertanya, bukan hanya tentang kemudahaan atau keuntungannya saja tapi bagaimana juga metode pembayarannya sedetailnya hingga pertanyaan “bagaimana seandainya saya telat membayarnya”.

Bertanya sebelum memiliki adalah hal wajib khususnya bagi pemilik kartu kredit. Jangan sampai hanya tahu kemudahan dan keuntungannya saja namun tidak tahu bagaimana pembayaran tagihan. Hal mudah yang bisa dilakukan sebelum benar-benar berniat  memiliki kartu kredit adalah mencari banyak referensi tentang kartu kredit tersebut baik kemudahan dan keuntungannya sampai istilah-istilah yang biasa digunakan dalam hal kartu kredit tersebut. Pengetahuan lebih awal tentang kartu kredit tentu akan sangat membantu saat bertanya langsung pada petugas yang nanti menjelaskan kartu kredit.

Salah satu hal yang mesti diketahui adalah kartu kredit itu gunanya untuk membantu bukan untuk menyusahkan hidup. Ketika kartu kredit sudah masuk di dalam jajaran kartu dompet, jangan biarkan gaya hidup boros mengikuti. Pengunaan yang diluar kontrol pada akhirnya hanya akan memusingkan anda saat harus membayar tagihannya.

Selain hal diatas, ada beberapa hal lagi yang harus ditanyakan pada diri sendiri sebelum benar-benar ingin memiliki kartu kredit.

  1. Untuk apa saya memiliki kartu kredit?
  2. Apa keuangan saya mencukupi untuk membayar tagihannya?
  3. Bagaimana saya membayar tagihan yang jatuh tempo?
  4. Keuntungan dan kemudahan apa yang saya dapatkan dari kartu kredit?
  5. Kesulitan apa yang saya dapatkan dari kartu kredit?

Beberapa pertanyaan tersebut cukup mewakili beberapa hal sebelum memiliki kartu kredit. Sebagaimana hal diatas, kartu kredit untuk membantu hidup bukan untuk menyusahkan hidup. Berpikirkanlah dan bertanyalah sebelum memiliki.

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap