Rumah Shaleh

Berbagi Untuk Negeri

Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Kuliah di Fakultas Kedokteran



Saat masih kanak-kanak, seringkali ditanya, kalau besar ingin jadi apa? Dokter, Polisi, Tentara, Presiden, Guru, Pilot, dan banyak lagi impian di masa itu namun seiring waktu hanya sebagian yang berhasil mencapai impiannya. Salah satu faktor yang membuat impian gagal adalah perencanaan dalam pendidikan. Sebagaimana diketahui, dana untuk pendidikan tahun semakin tahun terasa meningkat. Kalau orangtua siap sejak dini maka mungkin cita-cita anak kita akan punah sebelum mereka sempat mengejarnya.

biaya masuk fakultas kedokteran

Dana pendidikan akan sangat terasa berat dipikul ketika anak sudah remaja dan menjelang masuk jenjang pendidikan tinggi apalagi jurusan yang dipilih memang sejak lama dikenal sebagai jurusan yang memerlukan dana besar seperti fakultas kedokteran. Dalam banyak artikel yang dibaca bahwa biaya fakultas kedokteran lumayan mahal namun memang berbeda untuk kampus negeri dan swasta. Misalnya di Universitas Indonesia, uang pangkal masuk Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi tahun ajaran 2016 sebesar 25 juta dan biaya semester sekitar 7.5 juta sedangkan di Universitas Trisakti Jakarta biaya Fakultas Kedokteran berkisar antara 548,5-598 juta dan Fakultas Kedokteran Gigi antara 448,5-513,5 juta.

Besarnya dana hingga setengah miliar untuk kuliah di fakultas kedokteran tentunya tidak lepas dari adanya UU No 20 Tahun 2013 tentang Pendidikan Kedokteran, terutama yang terdapat pada pasal pembiayaan pendidikan. Dalam UU tersebut secara tersirat akan mahalnya biaya pendidikan, sebab tidak ada batasan besaran biaya pendidikan yang harus ditanggung.

Menyikapi dana pendidikan yang meningkat dari tahun ke tahun tentunya orangtua bisa melakukan sejak dini, mulai dari membuka tabungan pendidikan yang kini tersebar di semua layanan tabungan hingga melakukan investasi. Persiapan tersebut tentu perlu kerjasama dan pengorbanan dari orangtua.

Terlepas dari besarnya biaya masuk ke fakultas kedokteran namun hal itu tidak menyurutkan animo orangtua untuk mendaftarkan anaknya ke fakultas tersebut bahkan di tahun 2017 dari 797.739 peserta SBMPTN, jurusan kedokteran masuk ke dalam peringkat 5 besar sebagai jurusan favorit bahkan menjadi jawara untuk kategori jurusan yang masuknya menggunakan tipe tes: Saintek. Masih tingginya minat para lulusan SMA untuk menjadi dokter tak lepas dari masih kurangnya jumlah dokter. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan dikatakan Indonesia masik kekurangan dokter sekitar 110 ribu orang khususnya di daerah. Sementara lulusan fakultas kedokteran setiap tahunnya hanya sekitar 8000 orang.

Ok. Setelah yakin untuk kuliah di fakultas kedokteran maka ada beberapa hal perlu kamu ketahui tentang kuliah di fakultas kedokteran:

  1. Ketika dinyatakan lulus di fakultas kedokteran maka itu artinya sudah siap dengan Program Sarjana Kedokteran, disana tidak akan ditemukan sistem kredit atau SKS seperti jurusan lain namun akan menjalani sistem blok. Dalam sistem blok akan ada beberapa ujian seperti ujian OSCE, Ujian Tulis dan Ujian lisan.
  2. Setelah lulus dan mendapatkan gelar Sarjana Kedokteran (S.Ked) namun itu bukan Dokter. Untuk menjadi dokter harus mengambil Program Profesi Dokter dan menjadi dokter muda, atau istilah populernya disebut Koas.
  3. Koas sudah kelar. Masih belum bisa juga jadi dokter karena wajib mengikuti Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD).
  4. Kalau UKMPPD sudah lulus, barulah bisa mendapat gelar dokter. Walaupun sudah bergelar dokter namun ketika mau praktik sendiri masih belum bisa karena masih ada satu tahapan lagi yang harus dilakukan.
  5. Internsip, itulah nama tahapan terakhir. Ini semacam magang berlangsung 1 tahun ini. Dimasa ini akan praktik kerja layaknya seorang dokter umum, tetapi masih berada di bawah tanggung jawab dan perlindungan dokter umum lain yang senior.

 

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap