Hal Yang Diperhatikan Saat Punya Rumah Baru

Sandang, pangan, dan papan merupakan kebutuhan primer manusia. Papan atau bisa diartikan rumah, bukan lagi sesuatu yang mewah. Hampir setiap orang memiliki rumah, baik itu rumah sederhana, minimalis, hingga rumah mewah. Usaha untuk memiliki rumah, setiap orang juga berbeda, ada yang dapat warisan, ada yang hasil menabung, ada dari pinjaman KPR, ada yang ikutan Program Perumahan Murah Perumnas, hingga dapat hadiah. Rumah sudah menjadi hal yang biasa, bukan lagi sesuatu yang wow ketika seseorang bisa memiliki rumah sendiri.

Ilustrasi_Perumahan_baru

Terlepas dari berbagai jenis dan usaha dalam memiliki rumah, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan ketika baru saja membeli rumah. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan:

  • Cek dan Ricek

Cek semua akses pintu masuk ke rumah anda. Periksa kunci-kunci pintu rumah, apakah berfungsi dengan baik. Usahakan menganti kunci pintu rumah khususnya kunci pintu utama, baik pintu depan maupun pintu samping karena anda tidak tahu siapa saja yang memiliki kunci pintu rumah itu pada awalnya. Selanjutnya, cek kran air mulai dari kran kamar mandi hingga dapur. Apakah airnya mengalir dengan baik atau ada sumbatan, kalau ada sumbatan anda bisa memanggil tukang ledeng untuk memperbaiki. Kemudian, lihat plafon rumah, apakah ada bekas bocor atau rebesan air pada dinding rumah, usahakan langsung diperbaiki.

  • Bersihkan dan Warnai

Bersihkan secara menyeluruh rumah baru anda. Rumah yang baru dibangun, biasanya masih menyisakan berbagai noda bekas pembangunan, entah itu pasir atau sisa semen, sedangkan kalau membeli rumah bekaspun, kadang ada juga yang tidak terlalu bersih. Anda bisa membersikannya sendiri atau menyewa layanan kebersihan. Untuk menambah keindahan rumah, anda bisa mengganti cat dinding rumah sesuai dengan selera anda atau anda punya dana lebih bisa membeli wallpaper.

  • Tata rumah

Persiapkan penataan rumah sejak dini, usahakan perabotan yang dimiliki tidak membuat rumah anda nantinya terlihat sempit karena terlalu banyak barang semisal lemari ada dimana-mana. Pilih perabotan yang sesuai, baca banyak referensi untuk tata kelola ruang rumah agar ruangan rumah anda bisa menjadi lebih nyaman.

  • Silaturahim

Sebagai orang baru, anda sudah seharusnya berkunjung ke tetangga di sekitar rumah anda untuk lebih mengenal sekaligus mendapatkan informasi tentang lingkungan sekitar. Jangan lupa juga lapor kepada ketua RT kalau anda tinggal di kawasan perumahan agar lebih mudah dalam komunikasi, selain itu usahakan untuk ikut kegiatan yang diadakan di lingkungan perumahan seperti pengajian atau ronda malam, hal itu untuk menumbuhkan rasa saling menghargai dan melindungi sesama warga.

 

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap