Hal Penting yang Perlu Diketahui Seputar Berkurban

Berkurban merupakan salah satu hal yang diserukan oleh Allah kepada setiap ummat Islam yang mampu. Penyembelihan hewan qurban biasa dilakukan pada waktu Dhuha atau setelah sholat Ied di Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada tanggal 10 bulan Dzulhijjah dalam kalender Islam. Pelaksanaan qurban merupakan sebuah ibadah sehingga terdapat beberapa hal yang perlu diketahui mengenai ibadah satu tahun sekali ini dan dilaksanakan dengan sempurna. Apa sajakah hal penting tersebut?

sapi kurban murah

  1. Apa Saja yang Tidak Boleh Dilakukan Oleh Pengkurban?

Bagi siapa saja yang hendak berkurban, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelumnya. Diwajibkan bagi mereka yang hendak berkurban untuk menahan diri dari memotong rambut, kuku, hingga kulit hewan yang akan disembelih. Hal ini perlu diperhatikan ketika hilal di malam pertama bulan Dzulhijjah telah tampak sesuai dengan hadist Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh HR. Muslim. Namun apabila ada seseorang yang hendak berkurban, namun dalam kondisi terlupa ketika ia memotong rambut atau kukunya, maka dalam kondisi ini masih diperbolehkan. Ibadah qurban tidak sah apabila seseorang sudah mengetahui larangannya namun tetap sengaja ia lakukan.

  1. Hewan Seperti Apakah yang Memenuhi Syarat Kurban?

Hewan yang dapat disembelih untuk qurban tidak bisa dipilih sembarangan. Terdapat beberapa syarat hewan yang layak untuk dikurbankan, diantaranya adalah jenis hewan tersebut haruslah sesuai dengan yang telah ditetapkan, yakni sapi atau kerbau, kambing atau domba, dan unta. Apabila melakukan qurban tidak dengan hewan tersebut, maka ibadah qurbannya pun tidak sah. Hewan tersebut juga perlu mencapai batasan usia yang telah ditetapkan, yakni untuk unta berusia lima tahun, sapi berusia dua tahun, serta kambing berusia satu tahun. Namun apabila kesulitan menemukannya, domba yang berusia enam bulan juga diperbolehkan. Selain itu, hewan qurban juga harus terbebas dari cacat yang membuatnya tidak layak sebagai hewan qurban, seperti buta, berpenyakit, pincang, serta kurus kering hingga tidak bersum-sum.  Jadi jangan sampai hanya karena mencari hewan qurban murah di pasaran tapi kamu jadi lupa salah satu syarat syah nya berqurban yaitu hewan yang berkualitas dan sehat.

  1. Siapakah yang Berhak Menerima Daging Qurban?

Orang yang berkurban tentunya disyariatkan untuk memakan beberapa dari hasil hewan sembelihannya. Kemudian, sebagian lainnya dari hasil sembelihan hendaknya segera diberikan kepada orang-orang yang membutuhkan, seperti fakir miskin dan anak yatim agar mereka dapat merasakan daging segar yang mungkin sangat jarang mereka santap dalam hidupnya. Selain itu, disarankan juga untuk berbagi kepada sanak keluarga sebagai perwujudan silaturrahmi menyambung tali persaudaraan antar keluarga. Para tetangga serta teman dekat juga disarankan untuk dibagikan untuk memupuk kerukunan dalam lingkungan rumah serta mempererat tali persaudaraan antar sesama.

  1. Apakah Hukum Berpuasa Pada Saat Idul Adha Bulan Dzulhijjah

Berpuasa pada hari raya hukumnya adalah dilarang. Hal ini dikarenakan hari raya merupakan hari besar seluruh ummat sehingga disarankan untuk menyantap berbagai hidangan yang ada di hari raya. Hari dilarangnya berpuasa juga disebut dengan hari Tasyrik yang jatuh pada tanggal 11, 12, dan 13 Dzulhijjah yang dijelaskan dalam hadits sebagai hari makan dan minum. Hari-hari tersebut merupakan hari setelah hari raya Idul Adha yang tentunya akan sangat berlimpah akan daging hasil qurban di hari raya. Oleh karena itulah hari tersebut disebutkan sebagai hari untuk makan dan minum. Pada hari tersebut pula juga disarankan untuk memperbanyak dzikir dan mengumandangkan takbir di masjid.

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap