Hal Penting Sebelum Melamar Pekerjaan

Memiliki sebuah pekerjaan yang tetap merupakan salah satu cara yang dilakukan agar dapat bertahan hidup karena dengan pekerjaan yang dimiliki, seseorang akan mendapatkan penghasilan yang nantinya dapat digunakan untuk membeli barang kebutuhan sehari-hari. Tempat usaha atau badan perusahaan akan menempelkan atau memberitahukan kepada khalayak umum mengenai lowongan yang ada di tempat tersebut, sehingga, orang lain dapat memasukkan lamaran pekerjaan ke tempat tersebut.

cari kerja dulu

 

Sebelum melamar pekerjaan, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan oleh para pelamar pekerjaan. Bukan hal yang mudah untuk mendapatkan pekerjaan di zaman yang semakin maju dan semakin berkembang ini. Ketentuan dan kriteria yang berbeda diberikan oleh masing-masing perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja baru untuk dapat mengembangkan perusahaan tersebut sebagai syarat seseorang untuk dapat menjadi pegawai di tempat tersebut.

Namun, sebelum memasukkan lamaran pekerjaan di tempat usaha atau perusahaan tersebut, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan oleh para pelamar pekerjaan. Hal pertama adalah mengenai latar belakang dari perusahaan atau badan usaha tersebut. Anda dapat mengecek mengenai alamat dan kevalidan dari perusahaan tersebut. Tidak hanya mengenai kebenaran dari perusahaan tersebut namun juga mengenai latar belakangnya. Latar belakang yang dimiliki oleh perusahaan dapat mempengaruhi Anda mengenai pekerjaan yang hendak dilakukan.

Hal penting yang harus diperhatikan selanjutnya adalah mengenai image perusahaan. Anda dapat mencari tahu mengenai informasi seputar perusahaan tersebut dari beberapa sumber misalnya mencari lewat internet. Alasan image perusahaan berpengaruh pada kehidupan Anda diantaranya yaitu:

  • Mempengaruhi image Anda sehari-hari terutama di kalangan masyarakat sekitar.
  • Mempengaruhi kenyamanan bekerja Anda sehari-hari.
  • Mempengaruhi penghasilan yang didapat. Jika image perusahaan jelek, otomatis akan berpengaruh pada kerja sama yang dimiliki perusahaan tersebut dengan perusahaan lainnya dan kemungkinan besar tidak akan berjalan dengan lancar. Dari kerjasama tersebut, akan membuat perusahaan akan berkembang atau tidak. Jika buruk, maka keuangan perusahaan juga memburuk dan berdampak pada penghasilan yang diterima.

Hal penting selanjutnya yang harus diperhatikan sebelum melamar pekerjaan adalah mengenai kriteria yang diberikan oleh perusahaan. Perusahaan mempunyai kriteria tersendiri untuk masing-masing bidang atau bagian yang ada dalam badan usaha tersebut. Kriteria tersebut merupakan syarat yang harus dipenuhi oleh para pelamar pekerjaan. Ketika mengetahui mengenai syarat yang diberikan, jangan takut untuk memasukkan lamaran pekerjaan ke tempat tersebut. Namun, tidak jarang perusahaan menargetkan untuk mendapatkan seorang pegawai yang kompeten lewat kriteria yang tinggi yang tidak jarang membuat orang segan untuk mendaftar. Akan tetapi, hal tersebut merupakan salah satu cara yang tidak jarang digunakan perusahaan untuk mendapatkan pegawai yang berani untuk mendaftar walaupun tidak memenuhi semua kriteria yang diberikan oleh perusahaan.

Hal selanjutnya yang menentukan seseorang akan mengajukan lamaran pekerjaan dari lowongan kerja yang diperoleh adalah mengenai lokasi perusahaan tersebut. Tidak hanya mengenai lokasi perusahaan namun juga tempat wawancara, tempat untuk penempatan yang akan dilakukan jika Anda diterima sebagai salah satu pegawai baru di perusahaan tersebut. Lokasi yang sesuai dengan keinginan Anda sebagai pelamar pekerjaan, akan membantu Anda untuk dapat memaksimalkan pekerjaan yang nantinya akan dilakukan. Jika kurang mengerti atau kurang jelas mengenai tempat yang dimaksudkan, dapat menghubungi pihak perusahaan langsung atau bagian dari HRD dari perusahaan tersebut sebelum akhirnya memutuskan untuk memasukkan lamaran pekerjaan di badan usaha itu.

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap