Guru, Blogger dan Menulis

Tadi pagi saya membaca sebuah artikel di salah satu koran online yang mempersoalkan tentang pemberlakukan Peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan) Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Sebagian guru menyoal peraturan tersebut. Sebab, dalam permenpan itu setiap naik golongan kepangkatan, guru wajib membuat artikel yang dimuat di media Massa.

Waow, saya lumayan terkejut tiba-tiba ada guru terutama yang tergabung dalam Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) menolak hal itu dengan alasan bahwa sewaktu kuliah tidak diajarkan menulis karya ilmiah popular. Bagi saya itu alasan yang ‘agak’ sedikit berlebihan karena walaupun kita tidak diajarkan secara formal [Kalau saya saat kuliah diajarkan menulis terutama Mata Kuliah : Menulis Kreatif dan Menulis Ilmiah Popular].

Saya mungkin termasuk orang yang mendukung bahwa kenaikan pangkat guru harus disertai kemampuan menulis terutama artikel untuk media massa. Kenapa saya mendukung? Apa karena saya merasa bisa? Mungkin namun itu bukanlah menjadi alasan utama tapi sebagai bentuk keahlian dari kita seorang guru.

Tapi memang Permenpan itu tidak bisa langsung digunakan kalau tidak diikuti dengan berbagai pelatihan tentang kepenulisan oleh Dinas Pendidikan atau yang terkait karena sepertinya memang tak semua guru bisa menulis walaupun sebenarnya saya berpikir mereka bisa menulis hanya saja sudah mengaku tak bisa menulis yang akhirnya berakibat malas.

Salah satu bentuk pembelajaran menulis yang bisa dilakukan di era digital ini salah satunya adalah menjadi Blogger. Dengan ngeblog, tentunya kita selalu berusaha untuk mencari ide-ide baru agar bisa menulis postingan dan terhindar dari kevakuman ngeblog. Apalagi kalau blog itu mengakibatkan kecanduan maka menulis di blog itu seakan menjadi hal wajib minimal satu minggu sekali karena kalau tak menulis di blog serasa ada yang hilang.

Jadi kalau ingin belajar menulis, maka jadilah Blogger.

Saya Guru, Saya Blogger, Saya suka menulis

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

17 Comments

Add a Comment
  1. Saya pun belajar untuk menulis setiap hari. Guru yang mengajar menulis, harus bisa menulis.

  2. Setuju dengan pendapat anda pak, mari budayakan menulis sejak sekarang.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap