Download Musik dan MP3, Gratis dan Legal

Musik selalu menjadi bagian diri yang lain dari setiap orang. Sayangnya untuk mendapatkan musik atau MP3 tersebut maupun mp3 cutter, kita harus membayar dan hampir semua orang tidak suka membayar, gratis lebih baik. Banyak sekali musik gratis yang bisa kita download dan kita cari melalui web, sayangnya hampir 90% musik tersebut bajakan. Sekarang kita mungkin belum takut terkena undang-undang pembajakan, tetapi dengan mulai berkembangnya teknologi aplikasi untuk DRM, lawsuit dan RIAA bukan tidak mungkin kita dapat terdeteksi memiliki musik bajakan.

Namun kita melupakan bahwa di internet, kita bisa mendapatkan download musik yang benar-benar gratis, memiliki hak cipta, legal, tidak menyalahi undang-undang dan tetap mendukung artis pemilik musik tersebut. Berikut review komprehensif 12 tempat tujuan terbaik untuk mendownload musik-musik legal tersebut.

A. Blog Musik

Blog musik, sejauh ini merupakan tempat terbaik menemukan musik legal dengan gratis, tetapi bukan berarti blog musik ini diartikan sebagai blog dengan posting link sharing musik ke penyedia upload file seperti rapidshare, yousendit, divshare dsb atau link sharing lainnya tanpa persetujuan hak cipta.

Blog musik ini benar-benar didukung dengan baik melalui kerjasama berbagai pihak untuk menyediakan layanannya. Disini, kita tidak hanya bisa membaca langsung tentang informasi artis tetapi juga mendownload langsung beberapa Mp3 gratis. Banyak sekali blog-blog seperti ini di luar sana dengan disertai boks pencarian untuk mempermudah kita. Berikut daftar review tentang blog-blog tersebut.

1. Elbows
http://elbo.ws/
Elbows ini memiliki segalanya untuk para pecinta musik. Tidak hanya elbow mengumpulkan berbagai pemberitaan dan posting dari berbagai blog musik, tetapi juga mengumpulkan MP3 dan musik gratis dari berbagai macam blog musik, sehingga penggunanya dapat dengan mudah melakukan pencarian untuk lagu dan artis-artis tertentu. Elbows ini merupakan satu dari berbagai cara untuk menemukan artis musik baru, musik dan download lagu gratis.

2. The Hype Machine
http://hypem.com
Hampir sama dengan elbows, The hype machine ini juga mengumpulkan data, musik, dan postin dari berbagai blog berbasis musik, membuat semua informasi lebih mudah diakses dalam situs tunggal. Meskipun begitu, tidak seperti elbows, The Hype Machine lebih memfokuskan diri pada MP3 yang ditemui pada blog-blog tersebut. Situs ini juga menampilkan lagu-lagu atau MP3 paling populer pada periode waktu tertentu. Sebagai pengguna, anda bisa mencari musik-musik baru dan blog-blog musik baru melalui situs ini dan hal yang paling penting adalah kita bisa menemukan beberapa artis baru berkualitas dan juga mendownload musiknnya secara legal.

3. MonkeyFilter MP3 Blog Listing
http://wiki.monkeyfilter.com/MP3_Blog_Listing
Jika anda membutuhkan bantuan untuk menemukan blog musik, Wiki The MonkeyFilter sejauh ini memiliki daftar blog Mp3 terbesar di internet dan terorganisasi berdasarkan genre. Saya sendiri telah bergabung pada sebagian besar pada daftar tersebut dan memperbanyak daftar artis favorit baru saya dan MP3nya harian. Jika anda membutuhkan bantuan untuk mendapatkan musik gratis dan legal tetapi tidak tahu kemana anda harus pergi, daftar ini memberikan banyak bantuan untuk anda.

B. Download Gratis dengan Dukungan Komersial

Biasanya, jika orang berbicara tentang download musik gratis yang legal di internet, orang lebih banyak menganggap bahwa musik-musik gratis karena artisnya kurang terkenal. Tetapi justru kebanyakan artis-artis seperti itu memiliki kualitas musik yang tinggi, karena mereka biasanya bermusik tidak karena materi. Meskipun begitu layanan-layanan di bawah ini juga menyediakan lagu-lagu populer yang banyak anda tahu, layanan ini gratis karena artis dan hak ciptanya didukung oleh komersial dan donatur di situs tersebut.

4. SpiralFrog
http://www.spiralfrog.com
Menurut saya, SpiralFrog merupakan cara inovatif untuk mendapatkan musik gratis yang telah didistribusikan melalui berbagai toko musik. Disini anda bisa menemukan semua lagu-lagu favorit dan album favorit anda, juga artis-artis musik populer secara gratis. Semua bisa di download secara gratis. syaratnya? anda cukup mendengarkan atau menonton iklan sebelum mendownload lagu anda. Sayangnya jika anda tidak bisa mengakses situs ini diluar US dan Kanada, untuk itu agar layanan ini tersedia di Indonesia, anda bisa memasukkan alamat email anda dan memvoting Indonesia untuk masuk dalam layanannya.

5. Ruckus
http://www.ruckus.com
Ruckus ini memberikan layanan yang lebih inovatif lagi dibanding spiralfrog dengan menyediakan download lagu atau album full gratis baik artis terkenal atau indie tanpa iklan. Syaratnya? anda harus seorang mahasiswa atau pelajar. Ruckus ini dibuat untuk menghentikan pembajakan musik di kalangan mahasiswa dan pelajar.

6. We7
http://we7.com
We7 ini memberikan layanan download gratis yang sangat mirip dengan SpiralFrog tetapi dengan perbedaan yaitu memfokuskan musik indie daripada artis top40. Pengguna situs ini bisa mendownload 20 lagu per bulan tanpa iklan, selebihnya anda akan mendapati iklan beberapa detik di awal musik.

7. iLike
http://iLike.com
Meskipun iLike tidak menawarkan Mp3 gratis dan musik-musik sebanyak seperti situs-situs lainnya, tetapi anda bisa mendengarkan banyak sekali streaming musik dan kebanyakan dari artis-artis populer. Kadang-kadang juga menawarkan Mp3 gratis tapi tidak sering. iLike ini adalah tempat sharing musik dan playlist bersama teman-teman anda atau orang lain dengan beberapa download musik gratis tentunya.

C. Musik Gratis Non Blog dan Non Komersil

Jika anda penyuka musik underground, alternatif, indie, rock, dan genre-genre musik fresh semacamnya, situs ini tepat untuk anda untuk memperoleh lagu-lagu yang bisa didownload gratis dan anda mungkin tidak akan menemui nama-nama artis top40 yang sering anda dengarkan.

8. ArtistServer
http://www.artistserver.com
Dengan dukungan musik yang diajukan sendiri oleh banyak penggunanya, ArtistServer ini merupakan salah satu tempat terbaik untuk mencari pemusik baru dan download musik yang berkualitas. Artis-artis ini menuliskan berita mereka (biasanya yang berhubungan dengan musik) pada blog dan bagian teratas pada halaman pertama situs ini merupakan musik player artis tersebut.

9. Jamendo
http://jamendo.com
Hampir mirip dengan ArtistServer namun dengan kelebihan lebih profesional menyeleksi artis-artis. Jamendo ini merupakan situs musik indie sosial. Pengguna dapat mencari musik pada Jamendo, sharing playlist dengan orang lain dan juga mendownload gratis musik yang mereka sukai. Sederhananya, Jamendo ini merupakan versi ArtistServer yang lebih dikembangkan.

10. iRate
http://irate.sourceforge.net
Meskipun iRate ini terlihat seperti jaringan P2P tetapi ternyata bukan. iRate yang menyediakan klien aplikasi desktop ini dapat membantu anda melakukan pencarian dalam database lagu indie atau homebrew fresh. Jika anda memilih suatu lagu, klien ini dapat mendownload langsung dari server artis tersebut dan anda bisa menghemat waktu tanpa interaksi terlalu lama dengan link-link yan merepotkan.

D. Lain-lain

11. Archive.org
http://www.archive.org/details/audio_music
Berbagai koleksi musik publik domain atau berlisensi bebas, musik-musik lama dan beberapa artis dengan musik modern seperti pada ArtistServer dan Jamendo disediakan oleh archive.org ini, sehingga anda bisa menemukan sejumlah besar musik gratis dan legal yang bisa anda download dan dengarkan. Mulai dari musik klasik live, rekaman paduan suara choir hingga musik label rekaman lama, banyak sekali artis-artis dan lagu menarik yang tidak bisa anda temukan di manapun disini.

12. iTunes Free Download

Free iTunes Downloads List


Meskipun iTunes lebih banyak menawarkan musik untuk dijual, tetapi Apple juga menawarkan beberapa musik gratis setiap minggunya untuk mendukung para pendengar menemukan musik baru. Tidak hanya itu iTunes juga menyediakan acara TV gratis, audiobook dan banyak lagi.

sumber tulisan : www.tembang.web.id

Selamat Mendownload

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

2 Comments

Add a Comment
  1. ๐Ÿ™‚ download musik yang banyak, bekel naek motor ya Ding..

    shaleholic : Inggih, Ka ae … ๐Ÿ˜€

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap