Deritamu Adalah Hiburan

Judul itu tidak bermaksud bahwa aku termasuk orang dalam kategori yang suka menari diatas penderitaan orang lain hanya saja itu sebagai rasa ejekku pada mereka yang terkadang suka menjadikan penderitaan orang lain laksana sebuah hiburan yang patut untuk ditonton. Ada beberapa kejadian dalam hidup ini yang menjadi bencana bagi kita namun malah menjadi bahan tontonan bagi orang lain, misalnya saja kebakaran. Kita tentu tahu bahwa mereka yang mengalami kebakaran banyak mendapat penderitaan baik itu materi bahkan ada juga nyawa, namun ternyata ada sebagian orang yang malah datang hanya sekedar untuk menonton, yang pada akhirnya membuat jalan macet yang ujung-ujungnya para pemadam kebakaran sulit untuk melewatinya.

Itu baru kebakaran, ada juga bencana lain yang seakan-akan menjadi tempat wisata bagi mereka yang datang. Kita tentu masih ingat tentang tragedi situ gintung yang menelan korban jiwa yang banyak, disaat para korban yang selamat masih berharap datangnya bantuan dan juga berusaha mengais sisa benda yang tertinggal dari rumahnya ternyata banyak masyarakat yang datang kesana hanya sekedar untuk melihat dan pada akhirnya diakhiri dengan foto-foto. Tentu itu sangat menyakitkan, seandainya saja yang datang memberi bantuan tentu akan lebih meringankan beban walaupun bantuan itu tidak seberapa.

“Hiburan derita” itu belum berakhir disana ternyata, karena “hiburan” itu tidak disengaja diciptakan (penontonnya bersifat spontan) namun ada juga “hiburan derita” yang memang benar-benar diciptakan bahkan sepertinya dirancang dengan matang karena akan ditonton oleh jutaan pasang mata pemirsa televisi. Ya, derita kemiskinan seseorang ternyata bisa menjadi tempat jualan yang menarik untuk program televisi yang bergenre reality show, walaupun ceritanya itu katanya membantu si miskin namun tetap saja bagiku setiap acara yang ditayang televisi pada ujung-ujung berharap adanya iklan-iklan yang akan menyuplai uang ke kantong para pelaku bisnis itu.

Menurutku kalau benar-benar ingin membantu tidaklah usah dengan acara seperti itu, kalau perlu jangan sampai tangan kiri ini tahu bahwa tangan kanan ini telah melakukan kebajikan karena bisa saja berakibat sombong di hati.

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

4 Comments

Add a Comment
  1. acara tv yang tidak pernah saya tonton secara rutin dan mengikuuti dengan seksama adalah : sinetron, telenovela, dangdutan, kontes nyanyi, infotainment dan reality show.

    Pengetahuan tentang acara2 tsb hanya sekedarnya, tidak menjadi maniak acara2 tersebut.

    Mudahan ada perbaikan pola pikir "penonton" masyarakat Indonesia…

  2. wahyu ¢ wasaka

    Bujur tu Leh ai…

    Tepatnya wisata derita…

  3. Excellent blog, nice post. I love the contents and thoughts. I am so proud to vote for this beautiful blog. I VOTED FOR YOU, I recommend your blog to many of my friends. I expect they will Vote for u soon. I hope you will grace me with your precious Vote.Just copy this link to your browser

    http://bloggerschoiceawards.com/blogs/show/69551

  4. Kata orang pesimis, karena semuanya toh akan kebagian derita, sekarang giliran saya yang nonton penderitaan anda….wakakaka…. 🙁

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap