Demokrasi Bagian Dari Islam

Islam dan demokrasi sering ditentangkan bahkan ada golongan tertentu yang mengharamkan kata demokrasi tersebut walaupun bagian dari demokrasi yaitu pemilu dikatakan mubah. Sedikit aneh ketika sesuatu dikatakan haram namun bagian lainnya dikatakan mubah. Demokrasi dianggap salah karena islam tidak mengenal demokrasi tapi hanya mengenal musyawarah.

Demokrasi berasal dari kata demos (rakyat) dan kratos (kekuasaan) yang kemudian diartikan kekuasaan ada di tangan rakyat. Kata-kata kekuasaan ada di tangan rakyat itulah yang sering diperdebatkan oleh mereka yang menentang demokrasi karena mereka menganggap kekuasaan hanya milik Allah (Kalau ini sudah pasti dan tidak ada yang menyalahkannya).

Namun kata kekuasaan bisa juga diartikan sebagai hak atas diri sendiri sedangkan rakyat bisa juga diartikan manusia. Dengan kata lain, manusia punya hak untuk menentukan dirinya sendiri.

Islam menghargai hak pribadi yang dimiliki setiap manusia, hal ini bisa dilihat dari ayat Al Quran misalnya:

Untukmu agamamu, untukku agamaku (QS. Al Kafirun:6)

Dari ayat itu tersirat adanya hak untuk memilih agama bagi setiap manusia.

Kemudian ada lagi satu ayat yang berbunyi:

Sesungguhnya Allah tidak merubah suatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri (QS. Surat Ar-Ra’dhu:11)

Dari ayat tersebut juga tersirat bahwa Allah “tidak ikut campur” dalam penentuan nasib suatu kaum kecuali mereka sendiri yang mengubahnya. Itu artinya manusia punya untuk menentukan jalan hidupnya. Mau jadi orang baik atau orang jahat, terserah. Tapi setiap jalan yang akan kita ambil ada resikonya dan kita tahu itu. Jadi silakan memilih?

Akhir tulisan ini akhirnya saya simpulkan bahwa demokrasi bagian dari Islam.

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap