Cara Sederhana Meningkatkan Percaya Diri Saat Presentasi

Presentasi sepertinya sudah jadi makanan selama kuliah, apalagi kalau sudah memasuki jenjang kuliah strata dua. Hampir tiap minggu selalu ditemani presentasi, baik diri sendiri maupun teman. Dalam setiap presentasi selalu berharap bisa menampilkan hasil yang baik namun seringkali ada beberapa kendala yang membuat presentasi terlihat gagal, salah satunya adalah percaya diri. Dalam presentasi percaya diri tentunya menjadi salah satu bagian dari keberhasilan sebuah presentasi. Ada beberapa cara meningkatkan percaya diri yang merupakan bagian dari pengalaman pribadi.

percaya diri saat presentasi

Cara ini mungkin berbeda atau bisa juga sama dengan orang lain, makanya saya menuliskan judul tulisan ini adalah cara sederhana meningkatkan percaya diri saat presentasi karena memang hal-hal sederhana yang saya lakukan untuk mengatasi kegugupan saat akan presentasi. Berikut beberapa caranya:

  • Berdoa

tentu hal ini suatu yang wajib dilakukan bagi umat beragama karena kekuatan doa itu sangat luar biasa. Berdoa tentunya tidak harus selalu dengan ucapan “berdoa, mulai”. Saya biasanya memulainya dengan basmalah dan sisanya doa menggunakan bahasa Indonesia saja dan hanya diungkapkan di dalam hati.

  • Sarapan/Makan

Bagi saya ini merupakan hal yang penting karena dengan sarapan atau makan maka kadar kenormalan saat presentasi akan lebih baik ketika perut dalam situasi kenyang (bukan kekenyangan). Kalau perut dalam kondisi kosong, selalu berpengaruh pada apa yang sudah saya siapkan dalam pikiran karena sering teralihkan isu sakit perut karena merasa lapar.

  • Penguasaan konsep materi

Kalau ini sudah pasti, tidak mungkin kita bisa presentasi tanpa tahu apa yang ingin dipresentasikan. Maka alangkah baiknya menguasai konsep materi yang akan dipresentasikan agar terhindar dari kegugupan.

  • Slide presentasi sederhana

Saya termasuk pengguna slide presentasi sederhana, tidak terlalu suka animasi ataupun grafik bergerak yang setiap slide selalu ada. Slide presentasi bagi saya adalah ujung tombak dari penguasaan materi yang ingin saya berikan kepada orang lain. Kalau slide sudah terlalu ramai dengan animasi maupun warna-warna ngejreng, disitu kadang peserta menjadi malas untuk melihatnya karena jenuh.

  • Penampilan rapi

Presentasi di depan orang banyak apalagi saat seminar nasional maupun internasional tentunya penampilan merupakan salah satu bagian dari kepercayaan diri. Pakaian yang rapi, sopan, dan wangi tentunya akan lebih membangkitkan rasa percaya diri saat berdiri di depan ketimbang saat berpakaian lusuh apalagi samapi belum mandi. Jadi, sebelum presentasi besok hari, siapkan terlebih dahulu perlengkapan penampilan presentasi (selain materi, dll) seperti baju dan celana apa yang digunakan.

  • Berpikir positif

Hal ini juga penting. Jangan biarkan pikiran anda sudah tersugesti bahwa presentasi saya ini tidak baik atau bakal terburuk di kelas. Sugesti yang buruk pada akhirnya memang menjadikan presentasi anda buruk karena anda sudah kelabakan sendiri. Selain itu, jangan juga berpikir kalau penguasaan konsep materi anda buruk atau jelek, jangan juga berpikir anda akan “dibantai” oleh teman kelas anda setelah sesi tanya jawab. Pikiran-pikiran negatif seperti itu pada akhirnya memang akan membuat anda benar-benar gugup dan berakibat mendadak blank saat melihat slide presentasi. Anggap saja diri anda adalah yang terbaik di kelas.

  • Berlatih dan belajar

Sebelum presentasi ada baiknya memang melatih diri. Bicara depan cermin, buat daftar pertanyaan yang “mungkin” akan keluar pada sesi tanya jawab akan membuat anda lebih siap dalam menghadapi presentasi. Belajarlah dari setiap presentasi yang anda lakukan, pengalaman presentasi akan membuat penampilan dan kepercayaan diri meningkat. Jangan takut dan ragu ketika mendapat giliran presentasi pertama. Buktikan bahwa anda bisa.

Itu beberapa cara sederhana yang saya terapkan saat akan memulai ataupun mendapatkan giliran presentasi di ruang kuliah. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

 

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap