Rumah Shaleh

Berbagi Untuk Negeri

Cara Mudah Membersihkan Noda di Sofa

Salah satu perabotan rumah tangga yang sangat penting adalah sofa. Sofa, selain fungsinya sebagai tempat duduk bagi tamu ataupun keluarga yang berkunjung, tentunya menjadi bagian dari keindahan rumah. Ketika berkunjung ke suatu rumah, seringkali kita terkagum akan berbagai macam variasi bentuk dan jenis sofa.  Sofa sendiri dilihat dari jenis bahannya ada bermacam-macam, mulai dari sofa kulit, sofa kain, sofa daur ulang, dll. Semua jenis sofa tersebut tentunya akan mempercantik rumah anda.

sofa kain

Namun dibalik keindahan sofa, ada hal yang perlu diperhatikan terutama bagi yang rumah seirng jadi tempat ngumpul keluarga atau teman-teman. Salah satu masalah pada sofa adalah noda yang sering menempel bahkan kalau tidak dibersihkan dengan cepat bisa menjadi noda membandel yang akhirnya akan merusak sofa itu sendiri. Berikut ada beberapa tips membersihkan noda yang membandel pada sofa kesayangan anda:

  • Jangan gunakan cairan pembersih

Hindari penggunaan cairan pembersih apalagi yang kadar formulanya keras karena hal itu bisa juga merusak sofa kecuali memang noda yang menempel sulit untuk dibersihkan seperti noda tinta ataupun noda cat yang biasanya sulit dibersihkan. Kalau sofa hanya terkena tumpahan minuman seperti jus atau sirup, anda cukup membersihkannnya dengan sabun mandi. Adapun caranya, pertama campurkan sabun dengan air hangat, kemudian cari kain yang lembut dan basahi dengan air sabun. Selanjutnya gosoklah pada noda bekas tumpahan tadi dengan gerakan memutar.

  • Bersihkan hanya pada area bernoda

Saat membersihkan noda, fokuslah pada area noda yang akan dibersihkan. Usahakan membersihkan hanya pada area yang bernoda, jangan melebar ke area yang bersih. Setelah dibersihkan, jangan biarkan sofa dalam keadaan lembab terlalu lama karena hal itu bisa membuat sofa khususnya sofa kain akan menjadi cepat rusak dan juga menimbulkan bau apek, sedangkan pada sofa kulit biasanya pada permukaan sofa akan terlihat pecah-pecah.

  • Ulangi 

Setelah anda membersihkan sofa, coba perhatikan kembali area bekas noda tersebut. Pastikan bahwa noda sudah benar-benar hilang. Untuk memastikannya, anda bisa mengulangi kembali membersihkan sofa. Gunakan kain yang lembut lalu celupkan kain ke air sabun kembali, kemudian gosok-gosok secara perlahan di area noda tersebut. Setelah dirasa cukup, gunakan kain kering agar bisa menyerap air sabun. Gunakan vacum cleaner untuk mengeringkan atau bisa juga jemur sofa sebentar untuk menghindari terjadi lembab pada sofa.

  • Gunakan pembersih kuku

Senadainya noda pada sofa cukup bandel seperti noda tinta. Cobalah gunakan pembersih cat kuku yang tidak mengandug bahan aseton untuk membersihkannnya. Caranya, tuangkan sedikit cair pembersih kuku pada kain, kemudian usap secara perlahan pada area yang bernoda.

  • Jasa pembersih sofa

Kalau anda tidak punya waktu atau anda sudah mencoba beberapa tips membersihkan sofa yang anda dapatkan namun nodanya masih membandel, mungkin ada baiknya menggunakan jasa pembersih sofa. Namun perlu juga diperhatikan, jangan sembarang memilih jasa cuci sofa, untuk daerah Jakarta mungkin bisa menggunakan jasa cuci sofa jakarta profesional sebagai solusinya.

 

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap