Cara Mudah Backup dan Restore Dapodikdas 2013

backup

shaleholic.com – Menulis kembali di blog ini serasa mengobati rasa kerinduan akan dunia online. Begitu banyak jaringan yang hilang dan lenyap di di tempat yang baru dan mendapatkan sinyal edge saja sudah mengucapkan Alhamdulillah. tempat baru ini kemudian mengingatkan saya bahwa ternyata tidak semua tempat mendapatkan jaringan 3G secara merata.

Hari ini hanya mencoba untuk berbagi tentang Cara Mudah Backup dan Restore Dapodikdas 2013 karena kita tahu bahwa katanya aplikasi dapodikdas 2013 ini tidak bisa di backup dan direstore seperti aplikasi dapodikdas 2012 kemarin. Tentunya hal itu sempat mengkuatirkan para operator sekolah karena tak ada yang bisa menjamin komputer yang digunakan selalu dalam keadaan baik karena bisa juga mengalami masalah dan pada akhirnya membuat aplikasi dapodikdas 2013 itu hilang tanpa bekas.

Memang ada cara ‘sulit’ untuk melakukan backup dan restore aplikasi dapodikdas 2013 namun setelah mengunjungi suatu tempat akhirnya saya menemukan Cara Mudah Backup dan Restore Dapodikdas 2013 melalui aplikasi yang memang diberikan di situs http://infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id/dload/dapodikhelper.exe [tapi entah kenapa link ini tidak ada lagi] jadi saya mencoba untuk mengunggahnya ke tempat lain agar kita bisa menggunakannya.

Adapun Cara Mudah Backup dan Restore Dapodikdas 2013 adalah :

  1. Tentunya install aplikasi yang bisa anda unduh diakhir tulisan ini
  2. Buka Drive C:\Program Files\Dapodikdas, disana anda akan menemukan icon seperti radar yang bertulis DAgentbackup
  3. Setelah itu silakan anda klik DAgent tersebut maka akan muncul seperti ini :Screenshot_2
  4. Melihat gambar diatas tentu anda bisa menebak harus mengklik apa? Ya, klik saja Backup/Restore lalu muncul gambar lagi :Screenshot_3
  5. Dari gambar diatas anda bisa memilih, mau backup atau restore. Untuk tombol pilih pada backup itu adalah tujuan dimana file backup akan ditempatkan, kalau sudah memilih langsung klik backup. Untuk tombol pilih pada restore itu untuk mencari dimana file backup diletakkan dan ketika sudah ketemu maka dipersilahkan klik restore.
  6. File backup ini berekstensi .dbk.

Itu sementara yang bisa saya berikan infonya, semoga bermanfaat. Thanks infonya untuk admin FB grup Operator Sekolah Pendataan Dikdas Kal-Sel yang berbagi info ini. Untuk menggunduh aplikasi tersebut silakan klik gambar dibawah ini :

download

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap