Cara Meningkatkan Visitor Blog

Pengunjung atau visitor yang melimpah pasti menjadi dambaan bagi para pemilik blog semua karena dengan banyaknya visitor maka blog bisa terlihat lebih hidup minimal ada yang memberi komentar. Salah satu cara untuk mendapatkan visitor adalah dengan menggunakan keyword yang paling sering dicari di search engine.

Keyword sendiri adalah kata kunci yang menentukan sebuah blog, apakah ia akan berada di pageone atau terlempar dari pada hasil pencarian search engine. Namun banyak orang berlomba-lomba mengejar keyword namun terkadang lupa bahwa ternyata keyword ada juga yang abadi. Dalam artian bahwa keyword itu akan terus menunjang kedatangan visitor ke blog kita dalam jangka panjang tanpa perlu kita harus mengejar keyword harian.

Ada beberapa tips untuk mendapatkan keyword Abadi yang saya dapatkan dari beberapa sumber. Berikut adalah tipsnya :

Tips Mengejar Keyword Abadi (keyword abadi = kata kunci yang cukup kompetitif dan tidak hilang dimakan waktu)

  • Siapkan konten dengan matang entah itu dari segi jumlah kata maupun pengulangan keyword.
  • Publish artikel tersebut lalu tunggu sampai terindeks dengan baik di mesin pencari.
  • Lakukan link building dengan teratur. Artinya, hindari proses link building instan. Sebagai contoh, seandainya memiliki 100 backlink, usahakan 100 backlink tersebut habis dalam 10 hari, jadi perharinya kita hanya link building 10 kali saja. Begitu dan seterusnya.
  • Cek kelemahan kompetitor dengan menganalisa long tail keywords. Jika kompetitor leading, segera bergegas untuk menguasai long tail keywords tersebut terlebih dahulu karena keyword abadi akan sulit ditaklukkan jika kita langsung frontal mengejar keyword utama.
  • Posting artikel dengan keyword yang dibidik, usahakan prosentase keyword tidak melebihi 7 %.
  • Judul artikel jangan sama persis dengan Keyword, usahakan beri tambahan dibelakangnya agar tampak di unik dimata Search Engine ( SE ).
    Contoh : Tips merayu wanita ==>Tips merayu Wanita Paling Ampuh
  • Setelah artikel di publish, jangan terburu-buru mencari backlink. Tunggu sampai postingan benar-benar terindeks dengan baik di SE. Untuk mengetahui artikel anda sudah terindeks atau belum adalah dengan cara mengcopy paste sebagian dari paragraf pertama dari artikel anda ke SE. Jika artikel anda muncul diposisi teratas berarti artikel anda sudah terindeks. Hati-hati !! cara ini tidak sama dengan mengecek URL artikel di SE ( site:hxxp://www_url_postingan_anda.com ) karena meski URL artikel sudah terindeks bukan berarti artikelnya juga sudah ikut terindeks. Kenapa harus menunggu postingan terindeks ? Ini untuk menjaga agar ketika anda mensubmit ke situs Social Bookmark postingan anda tidak dianggap duplicate content karena kalah bersaing dengan artikel anda yang ada di situs SB tersebut.
  • Jika artikel sudah benar-benar terindeks dengan baik, maka saatnya berburu backlink. Utamakan backlink yang dofollow. Anda dapat mencari backlink dengan submit ke Social Bookmark, blog commenting, dsb. Usahakan rutin melakukannya dengan 5 – 10 backlink perhari. Jangan terlalu frontal dalam mencari backlink karena target anda adalah keyword abadi yang rata-rata persaingannya di SE cukup kuat.

Namun memang selain mengejar keyword abadi, ada baik juga kita mengejar keyword harian yang bisa meningkatkan visitor blog setiap hari dan tentu saja harus update blognya setiap hari :). Berikut beberapa tips untuk mengejar keyword harian :

Tips Mengejar Keyword Harian (keyword harian = kata kunci yang tenar hanya dalam durasi kurang dari 2 atau 3 hari)

  • Sama seperti keyword abadi, persiapkan konten dengan matang. Hanya saja, usahakan keyword density lebih banyak, namun demikian, jangan melebihi 10% jika di cek dari webconf.com
  • Publish artikel lalu tunggu sampai terindeks.
  • Gunakan social bookmarking sebanyak mungkin untuk menjaring visitor.
  • Lakukan pingback jika posisi di SERP kurang menguntungkan.
  • Hindari link building lewat blog comment karena respon tidak instan. Bisa-bisa setelah keyword tersebut tenggelam baru naik
  • Posting artikel dengan keyword yang dibidik, usahakan prosentase keyword sekitar 5-8 % dan jangan sampai melebihi 10 %
  • Anda bisa memberi title posting sesuai dengan keyword yang dibidik
  • Setelah artikel dipublish tunggu sampai postingan terindeks (sama seperti point 3 diatas ).
  • Saatnya berburu backlink. Untuk keyword musiman jangan mencari backlink dengan blog commenting ( meski di ping sekalipun ) karena backlink yang didapat agak lama untuk di indeks SE. Bisa-bisa backlink anda tercatat ketika keyword ini sudah tidak dicari lagi.
  • Backlink terbaik menurut saya adalah menggunakan situs social bookmark. Alasannya, situs SB tiap hari selalu update dalam hitungan menit dengan berita-berita yang disubmit oleh para usernya, jadi otomatis sering di kunjungi oleh search engine.
  • Kalo mau lebih maknyuss, buat beberapa akun untuk tiap satu situs SB dan gunakan untuk mem-vote artikel yang kita submit biar nongol di homepage dan bisa mendapatkan backlink utama (homepage) dari situs-situs SB tersebut.
  • Buat beberapa postingan di blog dummy dengan anchor text keyword anda untuk memperkuat backlink.
  • Anda bisa mencari backlink dengan frontal dan banyak dalam sekali waktu agar cepet tampil di SERP asal posting anda sudah terindeks dengan baik.

Itulah beberapa tips untuk meningkat visitor blog yang saya dapatkan dari http://belajarseo.com dan http://www.adsense-id.com

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

15 Comments

Add a Comment
  1. MEncari Kw abadi dimana yoo 🙂

  2. international scholarships

    mencari keywords abadi tempatnya mungkin di google external tool ya..

  3. dapat ilmu baru, terima kasih pak sangat bermanfaat

  4. gmana masukin keywords tiap page gan??

  5. Mendapatkan trafic visitor yang banyak merupakan target Blogger yang sangat diharapkan, termasuk saya. Di artikel ini dijelaskan bagai cara mendatangkan visitor yang lebih efektif. Terima kasih atas sharing Ilmunya Sobat, Saya akan datang lagi dengan harapan akan mendapatkan informasi baru guna menambah referensi saya dalam hal optimalisasi SEO. Salam persahabatan.

  6. CARA TERCEPAT, TERBAIK, DAN TERPERCAYA MENGHASILKAN
    Rp. 1.500.000 DALAM WAKTU SINGKAT DAN PASTI!

    Apakah saat ini anda sedang mengikuti bisnis investasi, MLM, reseller, yang bonusnya puluhan juta, ratusan juta, atau bahkan milyaran rupiah namun hasilnya belum tentu pasti anda dapatkan dan perlu membutuhkan waktu berbulan – bulan bahkan tahunan untuk mengembangkan jaringan agar mendapatkan bonus? STOP ! itu sangat memberatkan anda dan semua itu hanya menguntungkan admin dan leadernya saja.
    silakan baca sampai selesai
    http://copaskerja1.blogspot.com / 087808722466

  7. biar post nggak tenggelam bisa ngga mas bro???

  8. Thanks ilmunya mas..

  9. ternyata intinya harus ngejar keyword ya gan… sekalian juga kalau ningkatin bisa dengan submit di forum atau di sosial bookmark seperti sekilasinfo.net, lintasberita, dan infogue dijamin keywordnya bakal naik ke pejwan

  10. saya masih bingung cara nentuin keyword yg pas itu gimana sob.,..?

  11. sipp gan….

  12. jos banget tips nya

    makasih ya
    salam kenal 😀

  13. Thanks informasinya Gan, sangat membantu.

  14. menarik sekali….
    thanks…

  15. memang harus tekun dan selau berusaha hihihi..prosesnya memakan waktu

Leave a Reply

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap