Cara Mengatur keuangan Keluarga agar Tidak Boros

Meningkatnya harga berbagai macam bahan pokok saat ini semakin menyulitkan beberapa kalangan dalam mengatur keuangannya. Seperti yang kita ketahui bersama, mengatur finansial keluarga merupakan hal yang paling vital bagi masa depan setiap orang terutama bagi yang sudah berumah tangga. Cara mengaturnya anda pun dapat melakukan konsultasi keuangan keluarga pada orang yang telah memiliki pengalaman dan ahli dalam bidangnya. Selain itu, ada juga beberapa cara lainnya agar anda tidak boros dalam pengeluaran sehari-hari atau bulanan. Berikut akan saya paparkan beberapa kiat-kiat yang dapat anda terapkan sehari-hari:

Perencanaan-Keuangan

1 . Membuat Planning

Planning atau perencanaan sangat dibutuhkan oleh setiap orang. Cara ini memang bersifat biasa akan tetapi dengan membuat anggaran yang terencana maka perencanaan finansial anda akan berjalan dengan lebih efektif. Anda pun dapat mengendalikan pola pengeluaran yang biasanya boros dengan melakukan planning finansial yang jauh lebih baik dari sebelumnya. Begitu anda mendapatkan gaji atau penghasilan maka usahakanlah langsung memisahkannya untuk kebutuhan biaya pendidikan anak, tabungan, belanja bulanan dan untuk beberapa tagihan bulanan yang anda miliki. Anda pun dapat memisahkannya dengan menggunakan amplop yang terpisah agar lebih memudahkan planning yang anda miliki.

2 . Jangan Terlalu Banyak menyimpan Uang Di Rumah

Konsultasi keuangan keluarga sangat penting untuk anda lakukan karena akan memudahkan anda untuk mengatur finansial keluarga menjadi lebih baik salah satunya adalah dengan tidak terlalu banyak menyimpan uang di dalam rumah. Hal ini dapat menyebabkan anda mudah untuk mengambilnya dibandingkan dengan anda menyimpan melalui bank dan hanya dapat anda ambil melalui mesin ATM saja. Dengan demikian, menyimpan uang di bank akan jauh lebih baik dan melatih anda untuk hidup sederhana.

3 . Membuat Kesepakatan

Terkadang masih banyak orang yang merasa selalu tidak cukup dengan kebutuhan sehari-harinya padahal uang yang mereka miliki sudah lebih dari cukup. Hal ini terjadi karena keinginan belanja yang lebih tinggi. Hal ini pun dapat anda siasati dengan cara melakukan kesepakatan bersama istri untuk dapat menahan diri dan belanja keperluan sehari-hari secukupnya saja.

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap