Cara Membuat Diktat

Sejak Tahun 2011 diberlakukan aturan baru untuk kenaikan pangkat guru yaitu peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan reformasi Birokrasi (PermenPANPRB) No. 16 tahun 2009. Dalam peraturan tersebut mengharuskan bagi guru dari pangkat golongan ruang III b ke III c ke atas harus ada pengembangan profesi.

Pengembangan profesi bisa berupa karya tulis ilmiah, pengembangan kurikulum, karya seni, alat peraga, dan teknologi tepat guna. Bentuk karya tulis ilmiah misalnya laporan hasil kegiatan, tulisan ilmiah dan membuat buku. Contoh buku yang bisa dibuat untuk kenaikan angka kredit berupa buku pelajaran atau modul, diktat, dan terjemahan.
Sebenarnya untuk dapat nilai poin kredit yang tinggi yaitu 4 harus menulis PTK namun sayang sekali banyak guru bertitel S.Pd atau juga bersertifikasi tidak mampu membuat PTK. Tentu saja ada alasan kenapa tidak bisa, mulai dari tidak kurang paham hingga cuma sekedar malas [guru kok malas :)]
Untuk mensiasati kemalasan membuat PTK [4 poin] itu mungkin kita bisa membuat diktat saja. Diktat sendiri 1 poin kredit, agak sedikit kecil namun itu lebih baik daripada tidak ada sama sekali :).
Bagi yang berminat untuk membuat diktat, berikut saya berikan format contoh membuat diktat. Silakan saja unduh tulisan ini.

Download Format Cara Membuat Diktat

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

4 Comments

Add a Comment
  1. file allready deleted by administrator.
    Tolong kasi link lainnya dong…

    1. Sudah saya perbaiki link unduhnya 🙂

  2. Kalau sudah PNS mah mau-mau aja bikin karya tulis ilmiah….hehe

Leave a Reply

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap