Caleg, Antara Pekerjaan dan Amanah

Entah kenapa orang yang jadi caleg juga ingin jadi pns hingga terkadang ada saja namanya lulus di daftar cpns hingga terkadang aku berpikir, jangan-jangan orang yang jadi caleg bukannya karena ingin menjalankan amanah rakyat tapi hanya sekedar ingin punya pekerjaan.

Selain itu aku tidak mengerti apa motivasi utama orang yang ingin jadi caleg hingga ia rela menjual beberapa peralatan rumah tangganya untuk membiayai kampanyenya. Tapi mungkin karena gajinya yang besar serta punya pengaruh di lingkungannya hingga mereka tak peduli berapa banyak uang yang telah mereka keluarkan dengan harapan uang yang keluar semasa kampanye bisa kembali lagi.

Tapi terkadang aku berpikir…, seandainya pemerintah mengeluarkan sebuah peraturan yang mengatakan bahwa “Gaji anggota legislatif sebulan hanya 2 juta rupiah tanpa ada tunjangan apapun kecuali tunjangan struktural yang besarnya maksimal hanya 1 juta rupiah”. Maka apakah akan ada orang yang masih ingin jadi caleg dengan gaji sekecil itu, entahlah. Hanya nurani para caleg yang bisa menjawab itu karena bagi mereka, anggota legistatif itu dianggap sebagai apa, amanah dari rakyat untuk memperjuangkan hidup rakyat atau hanya sekedar untuk mencari pekerjaan yang orientasinya tentu pada penghasilan.

Semoga caleg-caleg sekarang berjuang untuk rakyat dan demi rakyat bukan untuk partai dan demi kekayaan pribadi. Semoga, amin.

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap