Blogger or Bloger

Tulisan ini sebenarnya hanyalah membahas subtansi bahasa yaitu mengenai kata yang benar. Sering kali (bahkan aku sendiri) juga melakukan hal yang sama ketika menulis sesuatu mengenai orang yang memiliki blog dengan tulisan blogger tidak pernah terpikirkan akan ada tulisan bloger. Karena sepertinya blogger lebih umum ketimbang bloger namun ketika tadi malam berbincang-bincang dengan teman-teman sekalian Pesta Panen (kata lain KopDar). Ada semacam pertanyaan tulisan yang benar orang yang mempunyai blog itu apa? Blogger or bloger

Dari pertanyaan itu ada dua argumentasi yang disampaikan diantaranya :

  1. Yang benar adalah bloger karena sesuai dengan kaidah bahasa inggris akhiran er menandakan orangnya namun kalau blogger itu berarti merujuk pada sebuah URL yang beralamat http://blogger.com yang merupakan punya om google dan penyedia layanan blog dengan nama blogspot.
  2. Yang benar adalah blogger karena itu sudah jamak dan lebih sering digunakan ketimbang bloger (dalam pikiranku, ikut orang banyak belum tentu benar).

Namun sampai tengah malam tidak juga ditemukan kata yang benar itu apa, blogger or bloger. Mungkin diantara teman-teman ada yang bisa menjelaskan atau tahu bahwa kata yang benar itu apa?

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

13 Comments

Add a Comment
  1. one vote for bloger!

  2. Saya kurang tahu untuk penggunaan di Indonesia, tapi kalau mau mengikuti kaidah bahasa Inggris, yang notabene adalah asal kata blog tersebut, maka yang benar adalah Blogger:

    karena umumnya, kata dengan akhiran -er yang mengidentifikasi “agent” atau pelaku, jika di ujungnya ada huruf g, maka g-nya dituliskan dua kali. Contohnya adalah dig-digger, dan brag-bragger. Bahkan log, kata dasar dari blog (web log) untuk orang yang membuat lognya disebut logger.

    CMIIW

    Ameds last blog post..Watching Xanadu

  3. satuju dengan amed, dan juga setuju dengan bang iwan…

    awyms last blog post..Ego

  4. Kalau menurut kaidah bahasa Inggris, ditulis dengan dua G = blogger. Tapi kalau mengikuti kaidah kata serapan, maka diindonesiaan menjadi bloger. Tapi hingga saat ini belum ada padanan kata Blogger dalam bahasa Indonesia….

  5. cc juga ga tau tuyh mana yang bener.. soalnya cc selalu make blogger aja..hehehehehehehe kebiasaan lebih susah diilangin khan?? ;p

  6. Masih bingung, ni q kasih PR untuk gak bingung lagi ya …

    Irfans last blog post..Mandi Tak Hanya Menggunakan Air

  7. pusing mikirin bahasa… %)

    yang penting orang2 pada ngerti apa yang kita ucapkan
    *itu pendapat saya

  8. Mansup punya alasan yang sangat logis. Karena memang orangnya pintar banget bahasa inggris kali ya heheu.. so saya [ikut-ikutan] pilih BLOGGER!!!!

    sandis last blog post..PR : 10 Facts about Me

  9. klo menurutku blogger karena lebih enak dipandang tulisannya

    masciputs last blog post..SMS dari Si Dungu

  10. Selamat idul fitri bagi yg merayakan idul fitri. Selamat berlibur bagi yg berlibur. Mohon maaf lahir dan batin.

  11. salam bertamu, soal blogger saya suka pake itu

    ibnusinas last blog post..Ramadhan: Sejarah kemenangan

  12. yg jelas kalau slah tulis dibrowser seperti bloger.com pasti kgak nyambung…

    Qoris last blog post..RAMADHAN VACATION IS OVER!!!

  13. Bagaimana cara menemukan alamat blogspot bloger lainnya?,dan Selamat Tahun Baru 2009 Para Blogger

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap