Bisnis Online Di Blog Berbahasa Indonesia

Blog berbahasa Indonesia terus tumbuh seiring mudahnya akses internet. Perkembangan pesat blog berbahasa Indonesia sedikit demi sedikit mulai berubah, kalau yang dulunya mungkin sekedar posting, berbagi ilmu, curhat atau apapun maka kini sejak beberapa bulan belakangan juga menjadi ladang ‘uang’ baru bagi para blogger Indonesia.

Kalau dulunya blog berbahasa Asing lebih mendominasi dalam hal monetize blog atau biasanya teman-teman saya bilang ‘dollar hunter’ karena mereka [para blogger] tersebut mendapat uang dalam bentuk dollar, kini dalam bentuk rupiah juga bisa.

Perubahan ini juga tak lepas dari adanya layanan ‘penghasil uang’ yang sangat mendukung blog-blog berbahasa Indonesia. Layanan untuk bisnis online blog berbahasa Indonesia ini sekarang memang banyak mulai dari KumpulBlogger, KlikSaya, iBN, Sitti, adsensecamp, Adplus, Adstars, dan mungkin banyak lagi yang saya tidak tahu. Namun terlepas dari semua itu saya [selaku yang punya blog] cuma bisa memberikan beberapa rekomendasi yang menurut saya tempat yang cocok bagi kita para blogger berbahasa Indonesia untuk mendulang rupiah. Rekomendasi ini sendiri memang bukanlah wajib untuk diikuti karena semua tergantung pada keinginan para blogger sendiri. Berikut saya berikan beberapa tempat penghasil rupiah terbaik menurut saya :

idBlogNetwork (iBN)

Inilah layanan pertama yang saya rekomendasikan karena menurut saya iBN merupakan tempat penghasil rupiah yang besar terutama untuk perklik dan tentu saja job reviewnya :). Saya memang baru dua kali PO namun itu sudah cukup bagi saya untuk membuktikan bahwa blog berbahasa Indonesia juga bisa dapat uang dari hasil ngeblog. Memang sekarang iBN ‘agak rumit’ dalam hal pendaftaran karena mesti ada rekomendasi dari blogger yang sudah jadi anggota iBN namun saya menyadari itu semua dilakukan untuk menjaga kualitas iBN sendiri sebagai tempat berkumpulnya blogger sehat [Blog tidak mengandung Pornografi, SARA , Kekerasan , hacking/cracking dan pelanggaran hak cipta serta tidak berasal dari Auto Generated Content , copy paste dari sumber lain].

Layanan iBN sendiri terdiri dari CPC (Cost Per Clikc), CPP (Cost Per Post), CPA (Cost Per Action), CPL (Cost Per Lead), CPR (Cost Per Clik Read), CPCV (Cost Per Clik View), CPVb (Cost Per View Video Banner), CPVy (Cost Per View Video Youtube) dan iklannya sendiri mulai dari statik banner hingga flash banner. Saya sendiri menyukai flash banner karena lumayan bisa menghias blog saya yang sepi dari gambar-gambar. Memang untuk sementara iklan iBN belum terlalu banyak maka namun berkualitas. [tidak ada iklan yang bertulis ingin cepat ini dan itu, mau panjang dan pendek ini dan itu].Memang terkadang cuma ditemui flash banner merah saja namun saya ‘tak ambil pusing’ karena saya yakin bahwa iBN akan terus berkembang menjadi ‘gudang rupiah’ bagi para blogger Indonesia. Kenapa saya bisa yakin, sebagai pemenang Best Local Startup 2010 tentu iBN akan terus berbenah dan berkiprah di dunia maya.

Bagi yang ingin mendaftar silakan saja kunjungi webnya di http://idblognetwork.com.

Adstars

Adstars sama seperti halnya iBN juga sangat mengutamakan iklan premium jadi anda jangan kuatir kalau blog anda akan ‘terkotori’ iklan ‘murahan’. Jenis layanan Adstars memang tak sebanyak iBN. Layanan Adstars cuma terdiri dari CPC, CPM dan CPA namun itu saja sudah cukup mumpuni dalam hal menambah isi dompet anda. Iklan adstars sendiri terdiri dari unit standar yaitu 728 x 90 Leaderboard, 160 x 600 Wide Skyscraper, 300 x 250 Medium Rectangle, 468 x 60 Banner.

Bagi yang ingin mendaftar silakan saja kunjungi webnya di http://adstars.co.id

Adplus

Adplus seperti halnya iBN dan Adstars juga mengkhususkan diri dalam iklan premium. Adplus sendiri ada kesamaan dengan Adstars terutama tampilan di dalamnya. Saya tidak tahu apa ada hubungannya apa tidak namun memang sempat ada isu kalau Adplus ini adalah ‘pecahan’ dari Adstars karena banyak pegawai Adstars ternyata juga bekerja di Adplus. Layanan Adplus sendiri lebih banyak dari Adstar namun tetap lebih sedikit dari iBN. Berikut layanan adplus tersebut CPV (Cost per Visit), CPC (Cost Per Click), CPL (Cost per Lead), CPS (Cost per Sales), CPM (Cost Per Mile). Namun untuk jenit unit iklan lebih sedikit daripada Adstars dan iBN yaitu 728 x 90 Leaderboard, 160 x 600 Wide Skyscraper, 300 x 250 Medium Rectangle,

Bagi yang ingin mendaftar silakan saja kunjungi webnya di http://www.adplus.co.id

SITTI

Dan layanan terakhir yang saya rekomendasikan adalah sitti, kenapa saya memilih sitti bukan yang lain semacam kumpulblogger, kliksaya atau jenis iklan teks lainnya, tak lain dan tak bukan adalah karena iklan sitti tidak menampilkan iklan bertulis iklan penjual mimpi (sampai tulisan ini diposting). Sitti adalah layanan iklan kontekstual semacam adwordnya google. Iklan kontekstual sendiri merupakan iklan yang bertumpu pada teknologi yang dapat membidik para pelanggan berdasarkan kata kunci (keyword) yang mereka ketik di kolom pencari. Jadi iklan yang tampil sesuai dengan hasil pencarian. Saya sendiri memang belum pernah PO dari Sitti karena saya juga baru memulainya namun kenapa saya mau memakainya karena berdasarkan cerita teman bahwa sitti juga sudah membayar.

Untuk mencoba layanan iklan kontekstual Sitti, silakan kunjungi webnya di http://www.sitti.co.id

Itulah beberapa layanan ‘gudang rupiah’ yang menurut saya pantas untuk dicoba bagi para blogger pemilik blog berbahasa Indonesia dan ketika ada pertanyaan kenapa saya memilih iBN, Adstars dan Adplus serta Sitti itu tak lain adalah bentuk saling menutupi dari layanan masing-masing, kalau iBN , Adstars dan Adplus bertumpu pada iklan berbentuk banner maka Sitti menutupinya dengan iklan yang berbentuk teks. Namun pada akhirnya seperti yang pada awalnya sudah saya katakan bahwa semua rekomendasi ini kembali pada masing-maisng blogger :).

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

2 Comments

Add a Comment
  1. entah kenapa saya merasa harus berkomentar disini.
    dan sepertinya saya harus mengunjungi blog ini setiap hari, sebab yang saya pelajari tentang blogging ada semua di sini 😀

    makasih tips2nya mas bro…

    sama2 bro, moga bermanfaat 🙂

  2. kawakah ulun mendaftar di idBlognetworked dengan rekomendasi pian yu?

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap