Rumah Shaleh

Berbagi Untuk Negeri

Bisnis Impian Saya Adalah …

Punya bisnis sendiri tentunya hampir menjadi impian semua orang, begitu juga saya. Namun dibalik harapan ingin punya bisnis sendiri selalu saja ada kendala yang saya hadapi walaupun sebenarnya saya sudah bisa menebak kendala dan cara menghadapinya hanya saja rasa itu selalu menyergap ketika ingin memulai.

Ada banyak bidang bisnis yang bersemayam dalam otak ini namun semua hanya tinggal dan tertidur dalam sudut kosong otak tanpa pernah berusaha untuk lari menuju tangan dan kaki. Memang ada banyak bisnis investasi terpercaya yang bisa dilakukan seperti berbisnis emas, properti, saham, dan lainnya namun bukan jenis bisnis seperti itu yang saya pikirkan. Saya hanya berpikir untuk punya bisnis cafe karena saya suka makan dan minum khususnya kopi namun tentunya bukan hanya sekedar cafe menjual makanan dan minuman tentunya harus ada yang lain. Kebetulan saya juga suka membaca, maka cafe idaman saya adalah cafe buku dimana pengunjung tidak hanya sekedar makan dan minum tapi juga bisa membaca. Cafe itu juga tentunya nanti akan mendatangkan penulis baik lokal maupun nasional untuk acara bedah buku yang diadakan setiap bulannya.

cafe-buku

Bisnis cafe tentunya punya pasang surut dalam karena tergantung banyak faktor terutama kondisi ekonomi, hal itu tentunya berbeda dengan bisnis emas, bisnis properti maupun bisnis saham yang relatif stabil karena walau terguncang namun cepat juga kembali normal. Dalam berbisnis memang tidak hanya bisa mengandalkan ide ini dan itu tanpa keberanian ingin memulai. Berbisnis juga tidak bisa hanya berpikir faktor untung namun juga bersiap dengan faktor rugi.  Namun dari semua faktor dan resiko yang pernah saya pertimbangkan sebenarnya cafe buku impian saya bukan untung mengejar profit tapi lebih kepada berbagi ilmu melalui buku yang saya miliki karena ilmu yang dibagikan tentunya lebih bermanfaat daripada sekedar mengejar uang semata.

Salah satu faktor tersumbatnya impian saya adalah keberanian untuk memulai. Walaupun saya tidak pernah memikirkan akan kerugian kalau memulai namun tetap saja faktor itu menjadi momok karena urusan duit memang sedikit rumit. Karena urusan duit itu bukan hanya menyangkut diri sendiri karena juga menyangkut keluarga. Terpikir, seandainya saya memulai diangka 100 juta namun ternyata cafe itu sepi dan 3 bulan kemudian koit, tentunya itu bisa menjadi permasalahan dalam rumah tangga kecuali duit itu laksana air yang mengalir, yang selalu datang melimpah :D.

Impian itu mungkin sekarang masih tersisihkan dalam sudut kecil otak ini namun saya yakin suatu masa, impian itu akan saya laksanakan walaupun waktunya kapan karena impian itulah saya selalu berusaha menyimpan dan merawat semua buku yang saya miliki, bahkan buku saya sejak SD pun masih dengan rapi saya simpan :D.

Semoga impian bisnis cafe buku itu cepat terwujud. Aamiin.

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap