Tips Menghindari Biro Umroh Nakal dan Waktu Umroh Terbaik

Perjalanan ke tanah suci, makkah dan madinah merupakan sebuah perjalanan yang dirindukan semua umat muslim dipenjuru dunia. Perjalanan dalam rangka ibadah, baik itu haji maupun umroh menjadi salah satu hal yang diimpikan bahkan bagi mereka yang mampu, baik itu harta dan fisik, khususnya umroh bisa melakukan sesering mungkin. Hal itu tentu tidak lepas dari banyaknya travel umroh murah yang kini tersebar hampir merata di setiap kota di Indonesia. Namun dalam beberapa tahun terakhir terdengar beberapa biro umroh bodong yang mencari keuntungan dari tingginya minat orang indonesia dalam melaksanakan ibadah ke tanah suci.

Ciri Biro Umroh Nakal

Dari hal itu, ada beberapa ciri biro umroh nakal alias bodong yang dikutip dari berbagai sumber media online:

Harga Murah

Berdasarkan beberapa pemberitaan seringkali paket umroh dengan harga murah dianggap menjadi salah satu kriteria padahal tidak semua paket umroh murah termasuk bagian dari bodong. Paket umroh murah yang diluar kewajaranlah sebenarnya yang perlu diwaspadai. Harga yang terlalu miring dari rata-rata biro umroh lainnya sehingga terkesan menjadi tidak masuk akal. Misalnya, sering kali paket umroh seharga 7 jutaan dengan berbagai promo menjadi salah satu bagian marketingnya. Padahal rata-rata biro umroh sekarang sudah diatas 20 jutaan.

Izin Resmi

Sebagai biro umroh sudah sewajibnya mempunyai izin resmi dari pemerintah khususnya Dirjen Penyelenggaraan Haji dan umrah Kementerian Agama. Biro umroh nakal biasanya tidak memiliki izin dari pemerintah. Selain legalitas, seringkali dalam pembiayaan tidak transparan kemana uang yang sudah disetorkan. Biro umroh resmi biasanya punya nomor rekening yang sesuai dengan nama perusahaan sedangkan biro umroh bodong seringkali menggunakan nama pribadi dalam transaksinya.

Masa Tunggu

Berbeda dengan jamaah haji yang punya masa tunggu, untuk jamaah umroh bisa dibilang tidak memiliki masa tunggu. Apabila jamaah sudah melakukan pelunasan pembayaran maka harus segera diberangkatkan. Di biro umroh nakal seringkali jamaah yang sudah melakukan pelunasan diminta untuk menunggu hingga 6 bulan – 1 tahun sebelum diberangkatkan.

Itulah 3 ciri biro umroh nakal yang bisa anda waspadai sebelum anda memutuskan pergi beribadah baik haji maupun umroh. Jangan sampai anda terjebak oleh agen palsu yang membuat waktu dan materi anda terbuang sia-sia dan tentu saja kadang malah membuat beberapa orang mengalami rasa malu karena sudah melaksanakan selamatan untuk keberangkatan namun sampai tanggal yang ditentukan, tidak juga berangkat malah dibatalkan.

Waktu Umroh Terbaik

Setiap orang tentu menginginkan yang terbaik dalam hidupnya, begitu pula saat melaksanakan ibadah. Umroh pada bulan ramadan menjadi salah satu waktu terbaik yang dipilih sehingga banyak biro umroh mempunyai paket umroh murah ramadhan dengan berbagai fasilitas yang diberikan (jangan lupa, waspada biro umroh nakal seperti diatas). Salah satu alasan kenapa umroh di bulan ramadan begitu banyak peminatnya adalah adanya hadis yang berbunyi:

Jika datang bulan Ramadhan, lakukanlah umrah. Karena umrah di bulan Ramadhan, senilai haji bersamaku. (HR. Bukhari dan Muslim).

Walaupun terdapat perbedaan dalam menafsirkan hadis tersebut namun tidak menafikan bahwa ibadah umroh di bulan ramadan mempunyai keistimewaan tersendiri bagi jamaah yang melaksanakannnya.

So, bagi para calon jamaah pilihlah biro umroh yang tepat agar ibadah yang sudah diharapkan sejak lama bisa dilaksanakan sesuai dengan waktunya sehingga memperlancar segala kegiatan ibadah selama disana. Jangan lupa persiapkan apa saja yang harus dipersiapkan untuk ibadah.

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap