Belajar Dari Timnas U-19

timnas u 19

sumber : liputan6.com

shaleholic.com – Sudah lama sepertinya saya tidak membuka blog ini, maklum saja rasa malas dan serta lebih asyik browsing-browsing saja membuat blog menjadi mati suri namun entah kenapa hari ini saya mencoba untuk menuliskan sebuah coretan hati tentang sebuah euforia sepakbola Indonesia dan saya yakin, teman-teman yang lain juga pasti sudah melihat bagaimana para garuda muda ini bermain dan saya sempat berpikir ini bukan seperti timnas Indonesia yang biasa saya lihat. Kenapa saya bilang ini bukan seperti timnas yang biasa saya lihat khususnya timnas senior. Berikut beberapa pembelajaran yang bisa diambil dari para garuda muda U-19 ini.

Pertama, Dalam sepakbola timnas kali ini saya melihat bagaimana para anak muda Indonesia yang merupakan semuanya asli Indonesia tanpa embel naturalisasi serta seorang pelatih lokal bukan berembel pelatih asing bisa lebih berprestasi. Tentu ini harus menjadi sebuah arti bahwa sebenarnya orang Indonesia punya kemampuan dan keahlian yang tidak kalah hebat bahkan bisa lebih hebat dari mereka-mereka yang bernaturalisasi. PSSI tinggal mencari bibit-bibit garuda muda ini di seantero Nusantara karena mereka banyak tersebar disana, tersimpan menunggu waktu dan saat yang tepat untuk membela timnas Indonesia.

Kedua, Religiusitas dalam bermain. Dalam hidup tentu kita harus selalu bersyukur terhadap apapun apalgi kalau itu sebuah keberhasilan. Bagi seorang muslim, sujud syukur merupakan salah satu tanda bahwa mereka tak melupakan Tuhannya dalam setiap kesuksesan yang mereka raih dan hal itu bisa kita lihat bagaimana para pemuda garuda muda ini melakukan selebrasi ketika mencetak gol maka sujud syukur dilakukan, bukan hanya pemain tapi juga semua official team melakukannya bahkan airmata saya tak terasa menetes ketika semua pemain bercampur official team melakukan sujud syukur id lapangan ketika mereka berhasil mencapai yang diharapkan. Sesuatu ‘kejadian’ yang sangat langka saya temukan di timnas senior Indonesia, kebanyakan mereka ketika mencetak lebih pada selebrasi biasa bahkan kadang kala memalukan karena suka mencopot pakaiannya dan memutar-mutarkannya di udara. Kenapa tidak bersujud saja?

Ketiga, Fokus dan Kerjasama. Inilah salah satu kelebihan yang menonjol dari timnas U-19 dibanding timnas seniornya. Mereka lebih fokus kepada permainan dan juga tidak egois ketika punya kesempatan dalam melakukan tendangan ke gawang. Setiap mereka kehilangan bola mereka selalu berusaha untuk mendapatkannya, tidak berdiam.

Keempat, Fisik dan Sportif. Ini juga yang menjadi sebuah kelebihan dari timnas U-19 dibanding timnas seniornya yaitu masalah fisik, mungkin akan ada yang beranggapan karena mereka masih muda lalu fisik lebih baik namun bagi saya ketika mereka sudah menjadi pemain sepabola tentunya masalah fisik menjadi salah satu urusan yang penting dan tak bisa menjadikan alasan usia yang ‘tua’ membuat fisik menjadi lemah karena kalau itu terjadi mungkin lebih baik anda mundur saja dari timnas dan berilah kesempatan bagi yang punya fisik lebih mumpuni. Selain fisik, masalah sportifitas juga menjadi sorotan, saya melihat bagaimana timnas U-19 ini bermain sportif khususnya terhadap sang pengadil lapangan [wasit] mereka tidak pernah melalukan hal-hal yang kurang pantas terhadap wasit bahkan protes mereka pun sekedarnya saja tidak perlu sampai harus mendekati wasit hingga kepala menyentuh kepada atau menyerang wasit secara fisik seperti memukul atau menendang. Kedewasaan para pemain yang sebenarnya punya darah muda ini patut diacungi jempol.

Kelima, ini hanyalah sebuah saran dan harapan saja. Semoga timnas U-19 ini terhindar dari masalah politik yang sering kali masuk ke area timnas serta terhindar dari serangan ‘mendadak artis’ yang bisa saja terjadi. Semoga kalian selalu berprestasi. Salam satu nusa, satu bangsa, satu negara dan satu timnas.

Bagi yang masih penasaran ingin melihat cuplikan pertandingan antara Indonesia vs Korea Selatan, berikut sata tampilan :

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap