Belajar Affiliate Di MatahariMallCom

Jumat, 13 Mei 2016, saya menghadiri workshop tentang affiliate dari mataharimallcom di Hotel Santika Premiere Gubeng di Jalan Raya Gubeng. Sebelum bercerita tentang apa yang saya dapatkan di acara itu, kita buka kisah ini dari jam 14.05. Kenapa dari jam itu? karena saya sudah tiba disana sekitar jam itu. Setelah dari lidah wetan sejak pagi sampai agak siangan sebelum shalat jumat mengejar dosen untuk minta tanda tangan namun ternyata gagal karena ternyata dosennya pergi ke Jakarta. Akhirnya saya memilih balik ke kos di daerah ketintang, untuk jumatan sekaligus melepas lelah. Sekitar jam 13.25, saya langsung otw ke Hotel Santika tersebut karena saya berasumsi pasti orangnya ramai karena yang ikut acaranya ini bukan hanya dari Surabaya saja tapi juga daerah sekitarnya.

Tiba disana ternyata malah sepi, tidak ada orangnya baik itu peserta maupun panitia. Iya juga sih karena belum jam 15.00 jadi bisa dibilang ini kasawatan datang tapi tidak apalah karena adem, hahaha. Di saat menunggu acara workshop dibuka, tiba-tiba saya dikejutkan oleh kehadiran sosok yang saya tunggu sejak pagi hingga menjelang jumatan di Lidah wetan tadi. Yap, Prof yang katanya di Jakarta ternyata beliau ada di Surabaya. Setelah mendekati dan salim kepada beliau, tiba-tiba beliau nanya, mana yang saya mau tandatangani. Lalu saya bilang, saya tidak bawa Prof, mungkin nanti selasa saja saya ke kampus lagi. Mungkin beliau berpikir saya mengejar beliau untuk minta tanda tangan padahal saya juga terkejut karena awalnya saya mengira beliau ada di Jakarta sesuai info yang saya dapatkan di kampus. Ternyata disamping room acara #MatahariMallCom, ada juga acara dari Kemristekdikti. Pantas makanan dan minumannya banyak sekali di depan room #eh, hahaha.

Acaranya sudah hampir dimulai ketika waktu menunjukkan jam 15.45, para peserta sudah sibuk registrasi. Setelah seruput beberapa gelas kopi (haus banget disana), saya masuklah ke ruangan acara. Terpampang slide matahari mall namun sebenarnya kalau kita mau lebih teliti dengan tampilan layar itu sebenarnya ada yang salah dengan kata-katanya? Apa kira-kira? Yap, tulisan TRHOUGH, seharusnya THROUGH. Namun anggap saja itu biasa saja karena salah hilaf dalam penulisan wajar saja selama tidak ada yang protes :D.

Selanjutnya acara dimulai dengan materi SEO dan Social Media oleh Nur Anasta COO Infinito.id. Materi yang disampaikan bagus hanya saja saya tidak mendapatkan sebuah rasa ketertarikan dengan penjelasan beliau, entah kenapa, mungkin karena agak lelah dan jam tidur siang saya yang terlewatkan sehingga hanya beberapa hal saja yang bisa saya ingat namun ternyata diakhir acara panitia mengatakan bahwa semua file presentasi akan dikirimkan ke email peserta jadi tidak saya tuliskan disini materi yang saya ingat, nunggu file yang lengkap saja ya :D.

Saat penjelasan materi ini, saya menemukan orang-orang menarik saat sedang tanya jawab diantaranya, ada seorang blogger otomotif yang sukses mendapatkan mobil gratis hasil dari review serta saya juga ketemu dengan salah satu tim SEO pricepedia. Acara tanya jawabnya lumayan seru karena banyak peserta yang mengacungkan tangan untuk mendapatkan hadiah baik itu voucher atau tumbler.

Selanjutnya materi kedua, dipresentasikan oleh Yustianto Tantama yang merupakan Affiliate Specialist MatahariMall.com. Dalam penjelasan ini dikatakan affiliate mataharimall merupakan produk asli Indonesia, selain itu affliate matahari mall ini punya sistem berbeda, kalau di affiliate lain ada sistem COD maka di matahari mall ini ada yang namanya sistem O2O atau Online to Offline. Pembeli bisa membeli lewat online dan mengambil barangnya di matahari dept store terdekat, selain itu semua pembelian free ongkir (nanti cobain ah beli mie buat sahur :v).

Setelah dua pemateri ini, acaranya istirahat untuk ishoma. Saat ishoma, saya turun ke lantai 3 buat shalat magrib namun ketika sampai ke ruangan yang katanya mushala, spontan saja terbersit “ini tu moshalanya, kecil amat untuk ukuran hotel yang besar. Lebih besar kamar kos saya” tapi karena ga ada pilihan selain disana, ya sholat aja. Saat selesai dan kembali ke lantai 5, eh acaranya bincang-bincang sama blogger suksesnya sudah dimulai, padahal katanya satu jam ishomanya, hahaha.

Acara sharing dari seorang blogger sukses itu ternyata lebih huuuhhh daripada dua pemateri awal, hal itu mungkin karena bercerita tentang pengalaman pribadi sehingga teori dan praktik dalam hal seo maupun hal lainnya sudah sejalan sehingga lebih greget. Blogger sukses ini bisa dibilang “orang sesat” kalau dalam aturan sertifikasi guru itu, ijazahnya tidak linier dengan pekerjaannya. Sebagai lulusan farmasi namun pekerjaannya fokus menganggur atau kata teman saya pengangguran premium.

Eits, dari tadi saya mengatakan blogger sukses tapi lupa menuliskan namanya. Nama blogger ini Jimmy Ahyari. Blogger kawakan asal Banjarmasin (sekampung, hahaha) Kalau meliat dandanan yang sangar seperti maddog atau ada juga yang bilang limbad mungkin orang tak akan percaya dia seorang blogger sukses namun sejatinya itulah yang terjadi. Penampilan tidak selalu berbanding lurus dengan penghasilan. #eh 😀

Jimmy Ahyari sendiri merupakan ketua komunitas blogger banua, sebuah komunitas yang saya ikuti hingga hari ini. Dalam penjelasan yang panjang dan disertai goyunan namun logat banjarnya tetap terasa ada walaupun tidak terlalu kentara namun kalau sudah sering mendengar orang banjar bapandir (berbicara) maka akan terlihat nadanya. Saya hanya mengambil satu ungkapan penutup beliau yang saya sendiri juga mengakui itu sebagai sesuatu yang seharusnya dilakukan yaitu tak peduli mastah atau nubie, yang penting abah, mama, bini dan anak bahagia.

Bagi saya pribadi juga orangtua dan keluarga adalah yang utama. Sama halnya ketika saya memilih untuk kuliah lagi, restu orangtua dan keluarga harus didapatkan dulu sebelum mengirimkan berkas beasiswa. Walaupun dalam beberapa hal saya akui, saya merepotkan mereka dengan kuliah saya yang jauh. Semoga bisa selesai di tahun ini. Biar bisa berkumpul lagi, eh kok malah curhat :v

Setelah sesion sharing blogger sukses. Materi selanjutnya oleh Harimurti Resyadanov yang juga merupakan Co Founder iblogmarket. Penjelasan materi ini singkat dan padat karena dijelaskan bahwa iblogmarket akan mengalami beberapa perubahan. iBlogmarket tidak hanya terbuka untuk Blogger tapi juga influencer lain seperti twitter, instagram, youtube dan lainnya, selain itu untuk fee yang biasanya sudah ditentukan dari iBlogmarket nantinya di versi barunya ditentukan oleh influencer itu sendiri.

Itu sementara yang bisa dituliskan karena bingung juga mau menuliskan apalagi, maklum ada banyak kata-kata dalam otak ini namun isinya berjubel tidak jelas,hahaha.

*catatan kamera lama tidak sanggup dalam ruang terang sehingga gambarnya jadi gelap 😀

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

6 Comments

Add a Comment
  1. Hahaha.. Takajut prof nya kenapa maka ketahuan sidin di sana :))

    Ulun aja magrib di kamar karena tahu rata2 mushola hotel relatif “kecil” untuk peserta hampir 100 orang itu..

    Terimakasih om sudah menyempatkan hadir 😉

    1. Om @jimmy: Uln lagi duduk2 di kursi registrasi krn urangnya kada2an, skalinya profnya kaluar pada lift langsung mandatangi sambil batakun kyp dan mana yg hdk ditandatangani jer, lalu ai bingung, hahaha. Sama2 Om, tarimakasih jua ilmuanya 😀

  2. Jadi mau ikut affiliate-nya, nggak?

    1. Mbak @vicky: pengen sih mbak cuma kabar beritanya belum ada di email smenjak pendaftaran kemarin, plus file yg katanya mau dikirimkan juga belum diterima 😀

  3. ulun betajak komen dulu lah

    1. Om @Ebo: Silakan Om :v

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap