Beasiswa S2 Dari Kemdikbud Bagi Guru SMA dan SMK Tahun 2016

Selamat sore rekan pendidik semua.

Kalau beberapa waktu yang lalu saya membagikan informasi tentang beasiswa S2 dari Kemdikbud  bagi guru SD dan SMP melalui program beasiswa P2TK [bacaBeasiswa S2 P2TK Guru SD dan SMP Tahun 2016 atau lihat pedomannya disiniPedoman Bantuan Beasiswa S2 Bagi Guru SD dan SMP Tahun 2016 ]. Hari ini saya kembali berbagi informasi beasiswa S2 dari Kemdikbud namun kali ini khusus guru SMA dan SMK. Untuk persyaratannya, bisa dilihat disini:

Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah,  Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan, Kemdikbud memberikan beasiswa S2 bagi Guru SMA/SMK.
A. Program Studi di Program Pascasarjana Unesa:

  1. Pendidikan Matematika
  2. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indosesia
  3. Pendidikan Ekonomi

B. Kriteria Calon Peserta

  1. Guru SMA/SMK berstatus sebagai pegawai negeri sipil (PNS).
  2. Guru SMA/SMK yang diselenggarakan oleh masyarakat, berstatus sebagai guru tetap yayasan (GTY),
  3. Guru Honorer di SMA/SMK negeri harus memiliki SK Kepala Dinas Pendidikan sebagai guru honor.
  4. Berusia maksimum 40 tahun pada tanggal 1 September 2016 yang dibuktikan dengan fotokopi Kartu Tanda Penduduk yang dilegalisasi oleh pejabat berwenang.
  5. Khusus  untuk  daerah  terpencil,  tertinggal,  dan  terluar  berusia maksimum 42 tahun pada tanggal 1 September 2016 yang dibuktikan dengan fotokopi Kartu Tanda Penduduk yang dilegalisasi oleh pejabat berwenang, serta SK pejabat berwenang tentang penetapan daerah terpencil, tertinggal, dan terluar.
  6. Lulusan jenjang strata satu (S-1) dari program studi yang terakreditasi oleh  Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan IPK minimal 2,75  yang dibuktikan dengan fotokopi ijazah dan transkrip nilai yang dilegalisasi oleh pejabat berwenang.
  7. Memiliki pengalaman mengajar minimal 2 (dua) tahun yang dibuktikan dengan fotokopi SK pengangkatan pertama (ditambah dengan SK Daerah khusus untuk guru yang bertugas di daerah khusus) yang dilegalisasi oleh pejabat berwenang.
  8. Memperoleh izin dari pejabat yang berwenang untuk mengikuti program peningkatan kualifikasi jenjang strata dua (S-2), dibuktikan dengan Surat Tugas Belajar dari BKD bagi PNS dan dari Ketua Yayasan bagi guru non PNS.
  9. Memiliki prestasi akademik yang terkait dengan tugas keguruan/kependidikan (akan lebih diutamakan), dibuktikan dengan sertifikat atau surat keterangan yang relevan.
  10. Tidak sedang menempuh studi atau sudah lulus jenjang strata  dua (S-2) atau strata tiga (S-3).

C. Pendaftaran Calon Peserta
Rekrutmen dan seleksi calon peserta Program Pemberian Beasiswa S-2 bagi Guru SMA/SMK Tahun 2016 dilakukan melalui dua tahap,  yakni: 1) tahap seleksi administratif, dan (2) tahap seleksi akademik.
Rekrutmen Calon Peserta

  1. Direktorat Pembinaan Guru Dikmen Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemdikbud menginformasikan Program Pemberian S-2 bagi Guru SMA/SMK Pendidikan Kabupaten/Kota/Provinsi dan mengunggah melalui http://p2tk.dikmen.kemdikbud.go.id  dan atau website http://pasca.unesa.ac.id
  2. Dinas Pendidikan Provinsi menyampaikan informasi Program Pemberian Beasiswa S-2 bagi Guru SMA/SMK Tahun 2016 kepada Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.
  3. Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota menyampaikan informasi Program Pemberian Beasiswa S-2 bagi Guru SMA/SMK Tahun 2016 kepada Guru SMA/SMK di daerah setempat.
  4. Guru SMA/SMK yang berminat, mendaftarkan diri ke Direktorat Pembinaan Guru Dikmen dengan cara mengirimkan berkas pendaftaran ke Direktorat Pembinaan Guru Dikmen. Berkas pendaftaran dikirim mulai 12 Maret 2016 sampai dengan 11 Juni 2016 (cap pos) ke alamat:

Subdit PK-PKK
Direktorat Pembinaan Guru Dikmen, Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan, Kemdikbud
Kompleks Kemdikbud Gedung D Lantai 12
Jl. Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta Pusat
Telepon: 021.57974108/Fax: 0 21.57974108

Beasiswa S2 Guru SMA-SMK Tahun 2016

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

13 Comments

Add a Comment
  1. Untuk guru SMA kimia belum ada yah beasiswax?

    1. @Dian: Blum tahu krn itu sementara di Unesa yang menerima, sedangkan kampus lainnya belum ada yg unggah, semoga nantinya ada 😀

  2. berkasnya apa2 saja

    1. @ansar: sementara sesuai yang tertulis di selebaran itu 😀

  3. jurusannya apa aja yah? utk seni budaya gak ada yah? trus klo ada kuliahnya hrs dmn?

    1. @dina: untuk jurusan lain saya tidak tahu, hanya tertulis 3 jurusan tersebut. Untuk kuliahnya, reguler sebagaimana kuliah biasa, harus tugas belajar bukan izin belajar.

  4. wiwik rince jelita

    Mohon info juga untuk jurusan bahasa inggris….

    1. @wiwik: Ok, nanti kalau anda info lanjutan, akan saya bagikan kembali. terima kasih kunjungannya 😀

  5. Untuk daerah medan symatera utara dmn ya bisa fapat info lengkapnya

    1. @arifin: silakan hubungi dinas pendidikan setempat 😀

  6. selamat siang maaf mau tanya.. untuk pengiriman berkas apa ada formulir yang disertakan bersama pengiriman berkas ya…? tks..

  7. Admin mau nanya.
    Klo sdh berhenti jd guru, msh bs ikut dftr gax ya. Sy sdh 2th jd guru. Tp skrg blm jd guru lg. Kira2 boleh ikut dftr gax ya

Leave a Reply

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap