Beasiswa Orbit Ainun Habibie

Ide beasiswa Orbit terinspirasi oleh kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa Indonesia di Delft, Belanda, yang menyisihkan 2,5% dari beasiswa mereka untuk membantu rekan-rekan mereka di tanah air yang hampir putus kuliah karena kekurangan dana.

Awalnya, aktivitas beasiswa YAAB-ORBIT dilakukan oleh sekelompok orang secara informal yang dimulai pada tahun 1992. Pada tahun 1995, organisasi ini diformalkan dengan   mendirikan   sebuah  yayasan  yang  dinamakan  Yayasan Amal Abadi Beasiswa ORBIT oleh pendirinya, yaitu BJ Habibie, Hasri Ainun Habibie, Etty Mar’ie Muhammad, Wardiman Djojonegoro, Atie Wardiman, Arief Rahman, MS Ralie Siregar, Marwah Daud Ibrahim, Alita Marsanti Iesye S. Latief, Tarmizi Thaher, A. Watik Pratiknya, Herna P. Danuningrat, Farida Abbas, Faika Suyudi, Dit Haryanto Danutirto,  Marisa Haque Fauzi, dan Neno Warisman.

Karena adanya perubahan ketentuan perundang-undangan mengenai yayasan, maka pada tahun 2011, didirikanlah Yayasan Amal Abadi Beasiswa ORBIT Hasri Ainun Habibie (Yayasan AAB ORBIT Hasri Ainun Habibie), sebagai sebuah penghargaan dan upaya melanjutkan cita-cita almarhumah.

Beasiswa Reguler

Penerima beasiswa Reguler adalah siswa yang duduk di kelas 1 hingga kelas 3 SMA atau duduk di bangku Perguruan Tinggi mulai Semester 1 hingga maksimal semester 8. Bantuan yang diterima oleh ANBIM penerima beasiswa regular peruntukannya diserahkan kepada masing-masing ANBIM, sesuai dengan keperluan mereka yang dirasa paling mendesak, seperti untuk biaya transportasi, biaya kos, membeli buku, makanan ekstra untuk menambah gizi, les tambahan, kursus dan lain-lain.

Kriteria dan persyaratan Beasiswa Reguler untuk jenjang SMA adalah sebagai berikut :

Kriteria dan persyaratan Beasiswa Reguler untuk jenjang Perguruan Tinggi adalah sebagai berikut :

Beasiswa Unggulan

Beasiswa Unggulan diperuntukkan bagi siswa yang berhasil diterima di SMAN Unggulan dan mahasiswa yang diterima di PTN unggulan melalui jalur undangan, dengan bantuan penuh dan berkesinambungan, sejak masuk hingga lulus SMA/S1. Oleh karena itu, Beasiswa Unggulan hanya diperuntukkan bagi siswa yang baru diterima di SMAN atau PTN.

Kriteria dan persyaratan Beasiswa Unggulan untuk jenjang SMA adalah sebagai berikut :

Kriteria dan persyaratan Beasiswa Unggulan untuk jenjang Perguruan Tinggi adalah sebagai berikut :

informasi lebih lengkap bisa kunjungi orbitainunhabibie.or.id

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap