Beasiswa Non Gelar Ke Jepang 2015

japan21

shaleholic.com – Sebagai seorang yang biasa saja, perjalanan ke luar negeri tentunya menjadi salah satu impian, begitu juga bagi guru seperti saya. Salah satu cara menjejakkan langkah ke dunia yang luas adalah ikut beasiwa belajar ke luar negeri. Namun memang tidak semua guru kadang berminat dengan hal semacam ini dan saya pribadi memahami masalah yang dihadapi tapi bagi mereka yang masih bersemangat dengan kata-kata ‘tuntutlah ilmu sampai ke negeri cina’ maka kali ini saya mencoba memberikan informasi beasiswa walaupun bukan ke Cina namun cukuplah ke negeri tetangganya, Jepang. Beasis ini memang tanpa gelar karena hanya semacam pelatihan namun itu lebih dari cukup bagi yang mau menjejakkan di negeri doraemon.

Sebagaimana saya kutip berikut penjelasannya :

Program Penataran Guru (Teacher Training Program) adalah salah satu program beasiswa Pemerintah Jepang (Monbukagakusho) yang dirancang khusus bagi para guru untuk meningkatkan kualitas pengajaran sesuai dengan bidangnya. Mereka akan diberikan pelatihan dalam cara mengajar, pembuatan rencana belajar-mengajar yang lebih efektif dan menarik minat siswa dan hal-hal lain yang dapat meningkatkan kualitas dan kemampuan para guru. Program ini adalah program non-gelar dan lamanya adalah 1 tahun 6 bulan (termasuk 6 bulan belajar bahasa Jepang) dari Oktober 2015.

Fasilitas yang didapat:

  1. Tanpa ikatan Dinas
  2. Tiket pesawat kelas ekonomi p.p. Indonesia (Jakarta) – Jepang (Tokyo/Osaka)
  3. Full cover biaya pendidikan, full cover biaya pembuatan visa pelajar
  4. Tunjangan hidup sebesar ¥ 143.000 per bulan, yang diberikan setiap akhir bulan selama masa studi di Jepang (ada kemungkinan jumlah tunjangan akan mengalami perubahan)
  5. Peserta disediakan asrama yang pembayarannya diatur sendiri oleh penerima beasiswa

Syarat-syarat pelamar:

  1. Memiliki dedikasi yang tinggi sebagai seorang guru/pengajar
  2. Lulusan minimal S1 atau D4
  3. Guru yang sedang aktif mengajar di lembaga pendidikan formal SD, SMP, SMA dan Sederajat (SMK, Madrasah, dsj), serta SLB
  4. Pelamar telah mengajar lebih dari 5 tahun di lembaga pendidikan formal pada tanggal 1 April 2015
  5. Semua bidang ditawarkan kecuali, PKN, Bahasa Indonesia, Bahasa Daerah, Bahasa Arab, Pendidikan Agama, dan Perhotelan
  6. Usia di bawah 35 tahun pada tanggal 1 April 2015.
  7. Sehat jasmani dan rohani (bagi pelamar wanita tidak diperbolehkan dalam kondisi hamil saat melamar maupun saat keberangkatan)
  8. Bersedia belajar bahasa Jepang karena bahasa pengantar di universitas adalah bahasa Jepang

Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi web ini web http://www.id.emb-japan.go.jp/sch_tt.htm

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap