Rumah Shaleh

Berbagi Untuk Negeri

Bayar Tagihan Listrik Anda Bisa Lebih Hemat dengan Mencabut Kabel dari Saklar Ketika Tidak Dipakai

Ketergantungan masyarakat kepada listrik kini sangatlah tinggi. Hal ini tentu bukannya tanpa alasan, melainkan karena banyaknya perangkat elektronik yang dipakai dalam kehidupan sehari-hari, terlebih sejak hadirnya gadget di tengah era modern seperti saat ini. Pasti Anda pun menyadari ketika bayar tagihan listrik, tagihan tersebut kerapkali membengkak. Tentu ini bukan salah orang lain, melainkan salah diri sendiri karena menggunakan listrik secara tidak bijak.

Perlu diketahui juga jika listrik yang ada di Indonesia ini masih memanfaatkan energi yang tidak dapat di perbarui sehingga ada kemungkinan jika terus digunakan maka akan semakin habis. Inilah alasan mengapa pemerintah juga mencanangkan program untuk bisa lebih menghemat listrik dari masyarakat karena dikhawatirkan jika cadangan energi tersebut nantinya habis lebih cepat. Dengan melakukan penghematan ini, maka diharapkan listrik memang benar bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh para pengguna dan tentunya tagihan Anda pun akan bisa lebih hemat bukan?

Mungkin Anda tidak bisa ikut mengkampanyekan penghematan listrik atau melakukan hal besar, namun Anda bisa memulai dari diri sendiri dan keluarga untuk bisa lebih berhemat dalam menggunakan listrik. Berikut ini beberapa cara sederhananya:

  • Mencabut kabel dari saklar ketika tidak dipakai

Lupa mencabut kabel dari sumber listrik sudah menjadi hal yang sangat biasa di masyarakat. Sebut saja kabel charger handphone yang selalu terpasang semalaman tanpa dicabut. Padahal hal seperti ini akan terus menyedot listrik secara tidak berguna. Memang jika satu orang saja yang melakukannya tidak akan terasa. Namun bagaimana jika yang melakukan hal ini adalah satu kampung, atau satu kecamatan bahkan lebih? Energi listrik pun terbuang percuma.

  • Memakai listrik prabayar

Listrik pintar atau listrik prabayar kini sudah diadakan oleh pemerintah sebagai pengganti dari listrik pascabayar. Perbedaannya adalah listrik prabayar ini dipakai seperti ketika Anda mengisi pulsa sehingga bayar dulu baru bisa dipakai. Sedangkan listrik pascabayar adalah dipakai dulu baru bayar tagihan listrik setelahnya. Untuk menghematnya, Anda bisa menggunakan sistem prabayar ini sehingga daya yang dipakai bisa selalu dipantau. Saat daya habis, maka listrik di rumah pun akan langsung terputus. Hal ini akan menjadikan sifat patuh dan disiplin.

  • Hemat memakai lampu

Kontrol diri dalam pemakaian lampu setiap harinya. Usahakan untuk memanfaatkan sinar dari matahari jika siang hari dan mematikan lampu. Mulailah menyalakan lampu ketika jam sudah menunjukkan jam 5 atau 6 malam dan jangan menyalakan semuanya. Ada baiknya jika 2 lampu dimatikan dalam jam-jam tersebut karena jam tersebut adalah jam listrik paling sibuk.

  • Memakai AC seperlunya

Pendingin ruangan memang mampu memberikan kenyamanan untuk mereka yang hidup di perkotaan saking panasnya cuaca. Namun jangan sampai Anda terus menyalakan dan mematikan AC karena hal ini akan terus menyedot ulang listrik Anda. Gunakanlah AC dengan bijak dan pilih AC dengan PK yang sesuai untuk luas ruangan Anda.

  • Matikan alat elektronik ketika tidur

Mematikan alat elektronik seperti ponsel, MP3, TV dan lainnya saat Anda tidur sangat disarankan karena masih banyak yang kerapkali menyalakan berbagai macam perangkat elektronik sambil tidur sehingga sangat membuang-buang energi.

Itulah beberapa tips penghematan listrik yang bisa Anda lakukan di rumah secara sederhana. Ajak juga anggota keluarga di rumah untuk bisa lebih menghargai listrik sehingga bayar tagihan listrik secara online di toko online atau pun offline lebih ringan dan bisa menjadi warga negara teladan.



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap