Bahasa Indonesia Riwayatmu Kini

KAMI POETERA DAN POETERI INDONESIA MENDJOENDJOENG BAHASA PERSATUAN, BAHASA INDONESIA

Itulah tulisan salah satu teks yang terdapat pada sumpah pemuda 1928. Dulu rakyat Indonesia bangga dengan yang namanya bahasa Indonesia namun di era sekarang sepertinya rasa itu mulai memudar, lihatlah bagaimana salah satu stasiun televisi swasta dengan “bangga” menggunakan bahasa asing di setiap program acaranya seperti save our nation,today’s dialogue,healthy life,dll padahal yang diberitakan masalah Indonesia dan menggunakan bahasa Indonesian atau juga dengan rasa “bangga” para orang tua menyekolahkan anak-anaknya ke sekolah bertaraf International yang begitu “membanggakan bahasa asingnya”.

Memang tidak bisa menakar rasa Nasionalisme  seseorang hanya dari sebuah bahasa namun kita bisa menilai rasa kebanggaannya terhadap bangsa dari sebuah bahasa. Begitu banyak anak muda negeri ini, tidak terlalu mengetahui bahasa Indonesia yang baik dan benar, kenapa saya bilang banyak karena dari hasil UN untuk tingkatan sekolah menengah begitu banyak yang tidak lulus untuk mata pelajaran bahasa Indonesia. Itu menandakan ada yang salah dengan para pelajar negeri ini, sepertinya mereka sangat antusias untuk ikut les bahasa Inggris daripada harus belajar bahasa Indonesia. Lihat pula bagaimana gaya bahasa anak muda sekarang yang suka mencampur bahasa asing dengan bahasa Indonesia yang terkadang malah jadi aneh kalau di dengarnya.

Namun memang tidak bisa semuanya disalahkan pada mereka karena lingkungan telah membentuk mereka dengan doktrin bahwa menguasai “bahasa asing” adalah salah satu modal untuk bertahan di era modern ini jadi mereka berlomba-lomba menguasai hingga lupa akan bahasa sendiri.

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap