Rumah Shaleh

Berbagi Untuk Negeri

Bagian I: Desiminasi Literasi Nasional bagi Guru SMP Tahun 2017

Jam menunjukkan 8.05 WIB ketika Garuda Indonesia yang bertolak dari Syamsudin Noor Banjarbaru mendarat dengan mulus di Bandara Soekarno Hatta Cengkareng, Tangerang. Tanggal 10/10-2017, admin blog ini mendapat undangan untuk mengikuti Desiminasi Literasi Nasional bagi Guru SMP Tahun 2017. Undangan tersebut diterima setelah mengunggah naskah buku untuk diikutkan dalam kegiatan tersebut. Kemendikbud seringkali melaksanakan kegiatan bertajuk workshop dan seminar dan itu diberitakan secara daring di laman kesharlindungdikdas.id jadi sebenarnya tidak ada alasan bagi banyak guru untuk tidak ikutan acara itu. Saya harus akui, ikut desiminasi literasi ini adalah coba-coba karena tidak terlalu yakin juga dengan naskah yang diunggah akan bisa lolos administrasi dan ikut kegiatan berskala nasional.

Bandara Soekarno Hatta

Okay, kembali ke cerita awal. Setelah mendarat di Tangerang bersama 4 orang teman, 3 dari Kalimantan Selatan dan 1 dari Kalimantan Tengah, kami berempat akan menuju Lumire Hotel and Convention Center di Jalan Senen Raya (Silakan Googling aja harga kamarnya perhari). Untuk menuju hotel tentunya harus menggunakan taksi, awalnya ingin menggunakan taksi online namun setelah dipikirkan karena ongkos taksi juga akan diganti panitia, kenapa harus cari yang murah. Akhirnya dipilihlah taksi yang tidak biasa, kenapa tidak biasa karena saya belum pernah naik taksi jenis ini. Yap, taksi dari Silver Bird (klo ga salah ingat) ini menggunakan Toyota Alphard sebagai tunggangannya. Akhirnya pernah juga naik Alphard walau itu cuma taksi :v

Alphard Taxi

Saya lupa berapa lama perjalanan dari bandara menuju hotel namun Jakarta tetaplah masih sama seperti yang pernah saya kunjungi. Cuaca sebenarnya mendung namun hawa panas yang tidak enak cukup melekat di kulit. Hotel Lumire tersebut ternyata bertetangga dengan Atrium Plaza (bawaannya jadi pengen ke Mall aja :v). Tiba di hotel dan tentu bukan yang pertama karena ternyata ada yang sudah tiba di hotel sejak jam 06.00 wib (luar biasa).

Melihat rekan-rekan pendidik seantero Indonesia yang punya banyak sekali karya buku, tiba-tiba bikin down saja namun pada akhirnya, cuek sajalah, saya datang untuk belajar dari mereka, menyerap keahlian menulis mereka, mimpi punya buku harus diwujudkan di tahun ini. Yap, mimpi memang gratis tapi mewujudkannya perlu pengorbanan, jadi Desiminasi Literasi Nasional ini saya harapkan bisa menjadi penyemangat untuk itu.

pembukaan desiminasi literasi nasional

Jam 16.00 WIB, Pembukaan Desiminasi Literasi Nasional dimulai. Pembukaan yang juga menggunakan Indonesia Raya 3 Stanza ini merupakan kali pertama juga bagi saya menyanyikannya. Pembukaan yang tidak terlalu lama karena memang acara akan dikebut agar para guru bisa istirahat sejenak sebelum mempresentasikan karyanya masing-masing di kelompok yang dibagi sejak awal. Jam 19.30 semua kelompok sudah memulai presentasi di kelasnya masing-masing.

Dan saya merasa, mereka semua luar biasa.



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat’08 & Universitas Negeri Surabaya’16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap