Baby in The Brain

Seorang dokter di AS berhasil mengeluarkan tumor berupa potongan kaki, tangan, dan paha dari otak bayi yang baru berusia tiga hari. Operasi ini dilakukan oleh dokter bedah syaraf anak, Dr Paul Grabb, di Colorado, AS, terhadap Sam Esquibel setelah hasil scan MRI menunjukkan terdapat tumor mikroskopik di dalam otak bayi tersebut.

Penemuan di dalam otak bayi laki-laki yang relatif sehat ini jarang terdengar sebelumnya dan mengingatkan kembali akan mitologi Yunani tentang dewa tertinggi Zeus yang melahirkan putrinya dari keningnya. Dr Grabb yang menjalankan operasi di Memorial Hospital for Children, Colorado Springs, mengaku telah menemukan sebuah potongan kaki yang hampir tumbuh sempurna dengan lima jari bersama dengan satu potongan kaki lain, sebuah tangan, dan sebuah paha.

“Seperti mengeluarkan seorang bayi dari dalam otak,” kata Grabb. “Penemuan potongan tubuh yang hampir tumbuh sempurna ini cukup unik, aneh, dan tak pernah terdengar sebelumnya,” ujarnya.

Grabb tak mengetahui secara pasti bagaimana potongan tubuh itu dapat bertumbuh di otak. Namun, dokter bedah syaraf anak ini menyebutkan kemungkinan potongan tubuh tersebut sebagai jenis tumor otak turunan.

“Pertumbuhan tumor itu bisa jadi masuk dalam kasus fetus in fetu atau bayi di dalam bayi, tetapi kasus ini sangat jarang terjadi di dalam otak,” kata Grabb.

Orangtua Sam, Tiffnie dan Manuel Esquibel, menjelaskan, putra mereka itu saat ini telah menjalani perawatan di rumah. Selain terapi fisik untuk memulihkan fungsi organ lehernya, Sam masih menjalani pemeriksaan darah bulanan untuk memastikan ada atau tidaknya gejala kanker atau pertumbuhan ulang tumor.

Namun, Tiffnie dan Manuel Esquibel menjelaskan, bayi laki-laki mereka itu telah hampir pulih sepenuhnya setelah menjalani operasi pada 3 Oktober. “Anda tak akan tahu kalau ada bekas luka operasi di kepala bayiku itu,” ujar Tiffnie Esquibel menjelaskan kepulihan putranya.

(Semua tulisan dan foto dikutip dari Kompas)

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

5 Comments

Add a Comment
  1. speechless…..Allah Maha segalanya ya……

  2. Hiii….
    Ngeliat gambarnya aja dah ngerii….

    Kapan neh dokter Indonesia menghebohkan dunia dengan kepiawiannya?
    jangan AS mulu donk???

  3. ****heran dan takjub*********
    Nggak bisa komen lebih jauh nih,
    soalnya hal ini membuat saya heran sekaligus takjub
    Heran pada keanehan kejadian tsb, dan
    takjub pada cepatnya tindakan para dokter di AS.

  4. Salam kenal..
    Blog yang bagus dan berisi.

  5. Ko nyeremin gitu ya..?? semoga selamat ya bayinya, kasian.!!

Leave a Reply

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap