Apabila Anak Mengalami Konstipasi

kesehatan anakshaleholic.com – Menjaga kesehatan anak merupakan kewajiban setiap orangtua. Tak jarang para orangtua memiliki pengetahuan yang luas mengenai seluk beluk kesehatan dan tubuh anak karena mempelajari banyak hal yang terjadi pada buah hatinya. Salah satu keluhan yang sering terjadi pada anak adalah sakit perut. Sangat penting untuk mengetahui penyebabnya karena ada berbagai macam hal yang bisa menyebabkan perut si kecil menjadi tidak nyaman dan sakit.

Selain perutnya yang sakit, telitilah gejala lain yang timbul. Apabila si kecil merasa sakit perut namun tidak ada gejala lain yang menyertainya, ada dua kemungkinan; stress atau terlalu banyak makan. Jika sakit perut datang saat ia akan berangkat sekolah bisa jadi itu merupakan stress, dan apabila keluhannya datang ketika ia selesai makan, besar kemungkinan ia terlalu banyak makan.

Namun, jika si kecil mengeluh sakit perut dan anda menyadari bahwa ia belum buang air besar selama 4 hari atau lebih, kemungkinan besar ia mengalami konstipasi. Kotoran yang kering dan keras sehingga sulit untuk dikeluarkan merupakan gejala lain yang seringkali muncul. Jika hal ini terjadi, ajak si kecil untuk banyak minum air. Berikan juga makanan yang akan membantunya lebih mudah buang air besar, seperti sayuran hijau, buah pepaya, oatmeal, kacang polong, dll. Jika ini tidak membantu, segera kunjungi dokter untuk meminta resep pelunak kotoran atau obat pencahar yang aman untuk anak kecil. Semoga artikel ini menambah pengetahuan anda tentang kesehatan anak.

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap