Anda Kurus atau Gemuk? Tes Dengan Rumus BMI Terbaru

Anda sekarang merasa tubuh anda kurus, ideal atau gemuk. Cara mengetahui hal tersebut adalah dengan mengukur BMI anda. Indeks Massa Tubuh (BMI) merupakan standar umum kesehatan untuk mengetahui apakah seseorang memiliki tubuh kurus, ideal, kelebihan berat badan atau kegemukan.

Namun ternyata seorang ilmuwan asal Oxford, Nick Trefethen, mengatakan bahwa rumus BMI tradisional memiliki kelemahan sehingga ia akhirnya membuat rumus BMI terbaru versinya.

Berdasarkan BMI versi Trefethen, mereka yang bertubuh pendek sebenarnya lebih gemuk daripada saat menggunakan BMI tradisional. Sementara mereka yang tinggi memiliki nilai BMI yang tak sebesar saat menggunakan BMI standar.

Indeks massa tubuh saat ini dihitung dengan membagi berat badan dalam kilogram dengan tinggi badan dalam meter kuadrat. Nilai BMI 18,5- 24,9 normal, sedangkan orang yang memiliki nilai BMI kurang dari 18,5 dinilai terlalu kurus. Nilai BMI 25-29,9 dianggap kelebihan berat badan, sedangkan mereka yang memiliki BMI diatas 30 berarti kegemukan.

Namun dalam BMI versi Trefethen, berat dalam kilogram dikalikan dengan 1,3. Hasilnya kemudian dibagi dengan tinggi badan seseorang dalam meter pangkat 2,5.

BMI TradisionalBMI versi Trefethen
BMI = berat (kg)/tinggi(m)^2BMI = 1.3*berat(kg)/tinggi(m)^2.5

Trefethen menegaskan, formula BMI ini akan mempengaruhi jutaan orang. Dengan kata lain, setiap orang dengan tinggi 6 kaki atau 1,8 centimeter akan memiliki BMI yang lebih kecil daripada diukur dengan BMI konvensional. Sementara mereka dengan tinggi 5 kaki atau 1,5 centimeter dengan berat yang sama justru memiliki nilai BMI yang makin besar.

Memang sekarang ini kalangan ahli memperdebatkan penggunaan BMI sebagai indikator kesehatan. Sebab BMI dianggap gagal membedakan antara otot dan lemak dan dapat menyebabkan atlet yang bugar sebagai seorang yang obesitas.

Walaupun takkan mendorong formula barunya untuk diadopsi sebagai standar kesehatan, ia berharap temuannya diperbolehkan untuk digunakan.

alat ukur berat badan

Anda bisa ingin mencoba rumus BMI Trefethen tersebut, silakan klik diĀ tautan ini.

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap