Alasan Iklan PPC Jarang Di Klik

Entah kenapa terkadang ada rasa galau di hati saat melihat earning dari iklan PPC bukan dalam artian tidak bersyukur, karena saya, Insya Allah tetap bersyukur karena tidak semua orang punya iklan PPC dan dapat uang dari blognya [tergantung idealisme sih].

Setelah diamati dengan saksama kenapa iklan PPC yang dipasang di blog ini jarang yang mengklik mungkin karena disebabkan oleh hal-hal berikut [namun ini berdasarkan pengamatan blog sendiri dan iklan PPC blog sendiri] :

Letak Iklan PPC

Awalnya saya suka meletakkan iklan PPC pada sidebar dengan size yang dipilih adalah 300 x 250. Kenapa memilih diletakkan di sidebar, biar blog kelihatan lebih baik dengan adanya gambar, maklum blog ini polos jadi dengan adanya banner PPC yang bergambar akan terlihat juga kemeriahannya. Tapi tak disangka-sangka ternyata itu malah menjadi kenyataan dalam artian ‘memeriahkan blog’ karena dari sekian visitor yang datang sangat sedikit yang mengklik Iklan PPC tersebut. Mungkin mereka hanya memandangnya tanpa ada rasa ingin tahu lebih lanjut apa yang digambarkan di iklan tersebut.

Berdasarkan hal itu akhirnya saya menemukan sebuah pencerahan dari grup blogger banua bahwa ternyata iklan PPC itu akan lebih menghasilkan apabila diletakkan di bawah judul artikel dan ‘mengejutkan’ Alhamdulillah setiap hari ada saja yang mengklik iklan tersebut walaupun juga masih bisa dihitung dengan jari namun itu cukup membuat saya senang.

Visitor jenius

Selain masalah letak iklan PPC, faktor utama bagi saya adalah kemampuan visitor, maklum saja orang Indonesia khususnya mereka sangat malas mengklik-klik gambar yang tak jelas dan rata-rata yang berkunjung ke blog kita ada blogger juga jadi mereka bisa mengenali mana iklan, mana yang tidak. Kepintaran pengunjung juga menentukan jumlah klik iklan kita 🙂

Desain Iklan PPC

Bagi sebagian orang, gambar yang menarik atau unik bisa membuat orang penasaran untuk mengetahuinya bahkan posting-posting yang unik bisa membuat orang mengklik read more untuk bisa menuluskan rasa penasarannya. Begitu pula dengan iklan PPC, iklan yang di desain baik teks maupun gambar yang menarik tentunya akan lebih mengundang rasa penasaran dan rasa keingintahuan para pengunjung blog untuk mengklik, maka dua alasan diatas bisa terbantahkan kalau iklannya menarik. Walau diletakkan di sidebar dan pengunjungnya pilih-pilih namun karena rasa penasaran dan rasa keingintahuan dari iklan yang disajikan maka mereka pasti akan mengklik iklannya.

Itulah beberapa alasan iklan PPC kenapa jarang di klik, hingga membuat seret isi dompet namun sekali lagi itu hanyalah opini pribadi berdasarkan pengalaman sendiri.

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

9 Comments

Add a Comment
    1. Jangan tikar Om, bagaimana klo karpet saja 🙂

  1. Pantesai Iklan PPC diblog ulun kdd yg mengklik sekalinya itu penyebabnya. coba pindah dulu nah sesuai saran disini. (Iklan rinsonya ulun Klik sebigi biar betambah orang yg mengklik hehe..)

    1. wkwkwk tp kd2 jaminan cagar banyak kliklah. waoow, di klik akan jer tp sayang kd dpt krn mungkin katahuan pang, hahahaha

  2. Visitor Jenius,,

    berti mencari niche yang visitornya doyan klik neh biar mntap PPC

    1. cuma visitor yg kyp yg doyan klik? amun dpt minta visitornyalah 😀

  3. mantap om,, amun uln, uln andak di bwh judul artikel jw,, tp yg 300 x 250,,, kalau bleh dishare brp klik perhari nya om kalau iklan pn yang 468×60 nie,,, heee
    pun uln tu 1 klik ja sehari tu gen jarang,,, 😀

    1. Insya Allah, sehari sekali ada ja pang, lumayan drpd kada2. Alhamdulillah $_$

  4. kayaknya perlu dicoba nihh… makasih om.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap