Rumah Shaleh

Berbagi Untuk Negeri

Aku dan Rokok

rokok41

shaleholic.com – Beberapa hari ini sosial media khususnya akun FBku tiba-tiba penuh dengan tulisan tentang seorang menteri yang sedang merokok saat diwawancara. Seorang menteri perempuan yang juga pengusaha penerbangan itu benar-benar membuat heboh apalagi di grup para guru, begitu hebohnya. Maklum saja, merokok dilarang di sekolah, selain itu merokok tidak hanya menyakiti diri sendiri tapi juga menyakiti orang lain yang sebenarnya tidak berniat merokok tapi dengan asap yang dikeluarkan akhirnya terhisap orang lain. Perokok yang tidak tahu aturan ini, semacam merokok di tempat umum atau di ruang terbuka, bukan di ruang khusus untuk merokok bagiku sama saja dengan pembunuh berdarah dingin karena dengan santainya dia memberikan penyakit pada orang lain tanpa merasa bersalah. Kalau ingin merokok, disana tuh di tempat yang ada tulisan ruang merokok.

Kembali masalah tentang seorang menteri yang merokok saat wawancara, saya hanya berharap sebagai seorang pejabat publik beliau harusnya tahu bahwa kini sudah menjadi orang yang akan selalu diisorot oleh media, mungkin saja nanti ada yang menirunya. Bagi kami guru, tentu gaya anda merokok di depan umum seperti itu akan menjadi sebuah pencitraan buruk bagi kami yang berjuang menjauhkan rokok dari kehidupan mereka. Kami hanya takut mereka akan menjadikan itu contoh dalam kehidupannya, apalagi mereka juga tahu berita tentang pendidikan Ibu. Takutnya mereka akan berkata “merokok, tidak apa-apa. Menteri saja tidak apa-apa, kaya lagi.” Padahal anak kami itu masih menadahkan tangannya untuk uang saku sekolah pada orangtuanya. Orangtuanya berkeringat panas dingin demi kebaikannya, tentu kami tak ingin menghancurkannya hanya karena mereka melihat Ibu.

Kalau Ibu memang perokok berat (saya tahu bagaimana menjadi perokok berat karena kakek saya seorang perokok berat, entah berapa bungkus rokok perharinya, untuk menemani beliau mengayuh sampan di sungai nagara). Walau kakek saya seorang perokok berat tapi beliau tidak mewariskan sifat merokoknya pada ayah saya, bahkan menyuruh ayah saya untuk tidak mengikuti jejak beliau menjadi perokok dan akhirnya memang ayah saya tidak menjadi seorang perokok dan mewarisnya kepada saya yang tidak pernah sekalipun merokok.

Selain masalah Ibu, saya juga kuatir dengan banyaknya iklan rokok yang bertebaran di pinggir jalan. Mungkin ada baiknya pemerintah pusat bisa lebih menegakkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 109 Tahun 2012 Tentang Pengamanan Bahan Yang Mengandung Zat Adiktif Berupa Produk Tembakau Bagi Kesehatan khususnya pada Pasal 39

“Setiap orang dilarang menyiarkan dan menggambarkan dalam bentuk gambar atau foto, menayangkan, menampilkan atau menampakkan orang sedang merokok, memperlihatkan batang Rokok, asap Rokok, bungkus Rokok atau yang berhubungan dengan Produk Tembakau serta segala bentuk informasi Produk Tembakau di media cetak, media penyiaran, dan media teknologi informasi yang berhubungan dengan kegiatan komersial/iklan atau membuat orang ingin merokok.”

Saya hanya berharap gaya ibu merokok di depan publik akan menjadi yang pertama dan terakhir yang diekspos media. Selain itu Ibu tentu tahu bahwa menteri kesehatan sekarang adalah Nila Moeloek dikenal sebagai penentang keras industri rokok. Suami Nila, Prof Farid Moeloek, adalah salah satu Ketua Komisi Nasional Pengendalian Tembakau. Walaupun terpikir, apa yang akan dilakukan oleh menteri kesehatan kalau ketemu Ibu yang sedang merokok, menegur atau mendiamkan saja. 😀

catatan : anda berminat membaca Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 109 Tahun 2012 Tentang Pengamanan Bahan Yang Mengandung Zat Adiktif Berupa Produk Tembakau Bagi Kesehatan sebagai bahan bacaan, silakan unduh melalui link dibawah ini :

download

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap