Ada Apa Dalam Makananmu (AADM)

Sebenarnya sudah lama ingin menuliskan ini, sejak kejadian itu terjadi. Namun terbatasnya jaringan internet yang dimiliki saat pulang kampung membuat tulisan ini sedikit terlambat untuk dipublikasikan. Setelah kejadian itu, saya sempat berpikir juga sih mau menuliskan atau tidak karena memang saya tidak memiliki bukti nyata (dalam artian foto atau video) karena disaat kejadian HP saya sedang tidak siap untuk mengabadikan hal tersebut namun anggap saja tulisan yang akan saya bagikan ini jadi sebuah pengalaman saja saat memilah makanan.

Dari tadi kebanyakan kata pembuka kayanya. Baiklah, saya mulai saja ceritanya.

Hari itu, 3 Mei 2016 saat saya pulang kampung ke Banjarmasin sehabis ujian komprehensif untuk S2 saya di Surabaya. Cuaca sangat panas di Banjarmasin bahkan kalau saya pikir lebih panas daripada di Surabaya, membuat saya harus mencari tempat alternatif (sebenarnya tidak ada pilihan lain sih) karena Mall cuma satu. Akhirnya dengan motor baru saya (biar lebih keren daripada nulis motor butut terus), saya pergi ke Duta Mall (DM) untuk sekedar ngadem yang sebenarnya juga tidak terlalu dingin-dingin sekali seperti yang sering saya rasakan di Royal Plaza (jangan tanya bagaimana Tunjungan Plaza karena jauh dari kosan saya).

Tiba di DM, saya langsung saja pergi ke Gramedia, kali aja ketemu buku murah (walau gak murah-murah amat sih). Disana ternyata tidak juga menemukan buku yang sreg untuk dibeli (karena sebelum masuk sudah liatin isi dompet) akhirnya saya keliling saja tanpa tujuan. Setelah terus melangkah dan berlari (biar lebih dramatis) mengelilingi lantai DM, kelelahan dan lapar melanda. Awalnya niat makan di food courtnya saja biar tidak lagi mondar mandir ke lantai lainnya namun setelah tiba di food court DM, lagi-lagi saya tidak menemukan tempat yang pas buat duduk enak. Dalam artian duduk yang bisa letakkan tas dan laptop saya secara tepat karena saat itu saya mendapat job buat nulis jadi memerlukan tempat makan yang mejanya agak besar biar bisa menaruh laptop dan HP yang nantinya dijadikan wifi portable.

Karena tidak menemukan tempat yang pas di food court tersebut, akhirnya saya memilih mencari tempat baru dan itu artinya saya harus turun ke lantai lainnya. Setelah berkelana (bukan berkelana 1 atau 2), sayapun menemukan tempat yang pas untuk menulis yaitu di Mr. Pancake yang letaknya di lantai dasar DM, dekat ekskalator. Setelah memilih tempat duduk, saya langsung di datangi pramuniaga tempat tersebut sambil menawarkan jenis makanan dan minuman yang ingin dipesan. Karena masih pagi, sekitar jam 10.30 saya tentunya tidak memilih makanan yang berat dan memutuskan memilih menu yang bernama Banana Split.

Sambil menunggu pesanan saya datang, saya membuka laptop dan mengaktifkan wifi portable di HP saya. Buka email, terus unduh beberapa file di dalamnya kemudian buka blog untuk posting, eh tiba-tiba HPnya tewas karena baterainya habis. Saya lupa mencharge baterai malam itu dan power bank pun tidak terbawa. Akhirnya karena HPnya mati, kegiatan posting tulisan dibatalkan. Di saat saya mau menutup laptop saya, datanglah menu pesanan tadi.

Melihat tampilannya yang menggoda, rasanya pengen langsung dimakan apalagi cuaca cukup mendukung untuk itu. Tampilan menunya mirip seperti di bawah ini:

Mr. Pancake Banana Split

Sumber foto (http://lil-cl.blogspot.co.id/2012/03/mr-pancake-living-world-review.html)

 

Awalnya langsung saja nyendok es krim coklatnya yang diujung kiri (sebagaimana gambar diatas) namun disaat mau menyendok kedua kali tiba-tiba saya dikejutkan oleh sesuatu yang tiba-tiba saja muncul. Ya muncul, karena dia bergerak dan cepat sekali. Muncul dari lubang roll coklat dan berpindah ke lubang roll coklat sebelahnya, penasaran dengan hal itu akhirnya saya jentik saja roll coklat tersebut dan tiba-tiba dia nangkring di roll coklat itu. Satu kata saat itu yang terucap Astagfirullah, ternyata ada anak kecoa di dalam roll coklat itu. Awalnya pengen di video namun teringat HPnya mati akhirnya saya lapor saja ke pramuniaga tempat tersebut dan minta diulang menunya dan menekankan padanya agar menunya diganti baru bukan menu yang sempat saya cicipi satu sendok tadi. Supaya tidak terjadi salah persepsi, saya akhirnya mendatangi tempat menu itu dibikin dan mengatakan hal yang sama pada kokinya yaitu ganti yang baru.

Respon pramuniaga tersebut sangat cepat dalam hal ini dan itu saya akui bagus. Namun tentu saja setelah kejadian hal itu membuat saya sedikit trauma untuk kembali mampir atau untuk makan kembali kesana, jangan-jangan roll wafer lainnya ada juga kecoanya.

Tulisan ini tidak bermaksud untuk memojokkan tempat makan yang saya kunjungi tersebut karena dulu saat masih S1, saya pernah ketemu juga teko air putih (karena tekonya gelap jadi tidak terlihat isi) ternyata setelah dituangkan airnya ke gelas ketemu jentik-jentik dan itu suram sekali dan saya tidak pernah kembali lagi kesana untuk makan sampai lulus kuliah (tempatnya sih sudah tidak ada lagi karena penggusuran cendana).

Bagi saya pengalaman tersebut menjadi sebuah pembelajaran bahwa ternyata tempat makan yang sering saya anggap “bersih” karena letaknya di Mall tidak menjamin bahwa makanan yang dimakan benar-benar bersih dari hal tersebut. Dan semoga saja dari tulisan ini, pihak-pihak yang memang berkepentingan dalam urusan kesehatan makanan bisa melakukan inspeksi dapur-dapur tempat makanan di Mall karena dapur yang higienis minimal bisa mengurangi hal tersebut. Dan tentunya juga kepada pihak manajemen Mr Pancake Duta Mall Banjarmasin agar lebih memperhatikan kebersihan dapurnya karena tentunya kejadian ini diharapkan tidak terulang kembali di masa akan datang karena bukan saja akan berpengaruh pada omzet tapi juga pada opini yang berkembang nantinya.

Akhir kata dari tulisan ini, semoga apapun yang kita makan memang benar-benar berisi makanan, bukan hal yang lain. Jangan sampai kejadian tersebut berulang karena itu bisa menjadi judul film nantinya, Ada Apa Dalam Makananmu #eh

 

Surabaya, 8 Mei 2016

Isnaini Shaleh

 

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap