6 Kejutan Hari Pertama UN Tahun 2012

Saya merasa yakin seluruh pengawas UN hari ini pasti terkejut. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdibud) dan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) memang hari ini memberi kejutan bagi sekolah penyelenggara UN.

Kejutan pertama adalah ketika pengawas mencari tata tertib peserta UN tidak ditemukan di map peserta tapi justru tersedia dan tergabung dengan tata tertib pengawas dalam amplop LJUN.

Kejutan Kedua, ketika akan membagikan naskah soal, dikejutkan dengan adanya denah pembagian naskah berbeda dengan denah yang telah disosialisasikan pada POS UN 2011/2012. Melihat denah dimaksud, timbul keragu-raguan, pola mana yang akan diikuti? Denah yang telah disosialisasikan adalah mengikuti pola depan ke belakang-diacak-sedangkan sekarang menyamping-acak pula. Bahkan ada catatan bahwa pola denah ini akan berbeda untuk setiap mata pelajaran yang diujikan. Artinya, besok pembagian naskah akan mengikuti pola lain lagi.

Saya mengapresiasi kejutan ini. Satu hal menarik dari kejutan tersebut adalah, sesiap apa pun peserta UN-mohon maaf bila telah memiliki kunci jawaban yang tidak dapat dipertanggungjawabkan-akan terkecoh. Denah tempat duduk yang sekaligus denah pembagian naskah soal telah disosialisasikan sekolah sehingga peserta sudah mengetahui jauh-jauh hari. Misalnya seorang peserta telah mendapat kunci jawaban untuk paket soal A, eh ternyata dengan denah yang baru, mendapat paket soal E. Kagetlah dia!

Bila pola, seperti yang tercantum dicatatan denah, dipertahankan dengan konsisten selama pelaksanaan UN empat hari ke depan, saya optimis, mampu membuatkelengeran para ‘oknum’ pembuat kunci jawaban. Dan kerjasama antarpeserta pun semakin sulit.

Kejutan ketiga, pada amplop LJUN disertakan dua lembar Pakta Integritas buat pengawas. Bila pakta integritas ini disikapi oleh para pengawas, sangat berdampak luar biasa. Betapa tidak, dalam pakta integritas tersebut tercatat lima poin, yaitu: komitmen untuk jujur, melakukan pengawas dengan benar, tidak membantu peserta dalam mengerjakan soal, menyegel amplop LJUN di ruang ujian, dan siap menerima saksi.

Bila pengawas “benar” seorang pendidik dengan membaca dan menandatangani pakta integritas ini akan benar-benar malu bila berusaha melanggar.

Kejutan Keempat, baru kali ini daftar hadir peserta dicetak bolak-balik dengan berita acara. Akibat dari hal ini banyak pengawas yang kebingungan mencari salah satu diantara dua pelengkap UN yang biasa terpisah. Apabila saat dikeluarkan dari amplop yang nampak adalah daftar hadir maka akan kebingungan mencari berita acara. Pun sebaliknya.

Kejutan Kelima. Pada UN tahun ini ternyata telah disediakan stiker-didesain bila dikoyak mudah robek-untuk menyegel amplop LJUN. Bila sekolah berusaha untuk memperbaiki jawaban peserta dengan membuka amplop maka akan tampak stiker terkoyak alias robek.

Yang kelima ini untuk mengantisipasi “pembongkaran” dan “perbaikan” jawaban peserta di daerah terpencil-yang untuk mengantar ke sub-rayon diperlukan alat transfortasi sulit dan waktu lama.

Dan Kejutan Keenam adalah pada amplop utama tercantum sebuah logo cantik berbentuk lingkaran dengan ajakan “Prestasi YES; Jujur Harus!”.

Keenam kejutan ini menurut saya pribadi adalah terobosan positif dan cerdas agar pelaksanaan UN yang selama ini kurang dipercaya, sedikit demi sedikit membaik.

Semoga, keenam terobosan disikapi positif pula oleh oknum-oknum yang selama ini menginginkan pelaksanan UN semakin terpuruk. Semoga pula kejutan-kejutan di atas membuat pengamat pendidikan semakin teliti dalam menyikapi pelaksanaan UN, agar ke depan tambah disadari bahwa pelaksanaan UN memang merupakan amanat UU Sisdiknas tahun 2005. Bukan begitu pembaca?

sumber tulisan : http://edukasi.kompasiana.com

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

4 Comments

Add a Comment
  1. APa gak takut banyak yang gagal mas tahun ini? KAlau kejutannya separah itu?

  2. wah wah …kira2 hari kedua ada kejutan apah lagi yaa om???

  3. waw, belum pernah ngawas UN pang, jadi kada tahu harus menykapinya seperti apa,,,hihihih 😀

    tapi , mudahan ja kejutannya kada menjadi masalah dalam UN

Leave a Reply

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap