5 Permainan Indoor Klasik Yang Terlupakan

shaleholic.com – Kali ini, saya cuma mau mengajak teman-teman sekalian bernostalgia, karena sesungguhnya mengenang masa lalu itu indah. Kali ini yang mau dibahas adalah tentang permainan indoor (board game) klasik yang dulu menemani kita di masa kanak-kanak, sebelum digeser oleh video game, acara TV yang makin banyak  dan tidak jelas, iPod, iPad dan i-i-an yang lainnya, yang dinikmati oleh anak-anak sekarang. Mungkin anak-anak sekarang banyak yang tidak kenal sama mainan-mainan ini.

Apa itu Indoor game ?

In Door Games adalah bentuk teknik permainan di dalam ruang dengan jumlah yang terbatas. Banyak kegiatan yang bernuansa Dinamika Kelompok. Hal tersebut sangat menguntungkan dalam mendorong peserta / anggota kelompok lebih aktif dan progresif dalam mengikuti kegiatan. Secara tidak sadar mereka banyak belajar bersosialisasi, membangun eksistensi diri dan secara mudah menyerap materi/ pelajaran tanpa harus banyak menghapal. Salah satunya model simulasi, dapat pula dikatakan efektif dalam mencapai tujuan.

Yuk langsung mulai aja . . ! !

 

Ular Tangga

Mainan yang sangat simpel dan menyenangkan. Tujuannya adalah jalanin koin/pion kamu dari kotak nomer 1 sampe ke kotak nomer 100. Kalo ketemu tangga, kamu bisa langsung skip ke kotak ujung tangganya. Tapi kalau kamu kena kepala ular, berarti kamu musti turun ke kotak ekor ular. Simpel kan? Tapi pas dimainin sih seru, soalnya bisa aja temen kamu udah unggul jauh, tiba-tiba kena ular gede dan mundur jauh, sementara kamu ngebut karena dapat tangga terus.

gambar ular tangga

sumber : m.kaskus.co.id

Damdas (Checkers)

Ini mainan kalo sama bule sih disebutnya Checkers bahkan sekarang ada versi onlinenya seperti play checkers without registration tapi kalo bahasa Indonesianya (kalo tidak salah) Damdas. Cara mainnya mirip-mirip sama catur, yaitu bikin lawan kalah karena gak bisa gerak lagi, atau semua pionnya udah abis kamu makan. Cara jalanin pionnya adalah diagonal, ngikutin kotak yang waranya sama, atau bisa juga kamu sambil “ngelompatin” pion lawan dan sekalian makan pionnya itu. Kalo jago, kamu bisa “ngelompatin” beberapa pion lawan dalam satu giliran.

sumber : m.kaskus.co.id

Halma

Kalo halma, tujuannya adalah mindahin semua pion kamu ke kandang yang satunya lagi. Misalnya pion kamu merah, kamu musti mindahin semua pion dari kandang merah tempat kamu mulai, ke merah yang ada di seberang kamu. Siapa yang bisa duluan mindahin semua pionnya, dia yang menang. Setiap giliran, kamu boleh majuin satu pion satu langkah. Waktu awal-awal emang gak seru sih, cuma maju dikit-dikit, tapi kalo pion-pionnya udah banyak yang keluar, kamu bisa loncat-loncat juga, kayak main damdas. Tapi disini bedanya gak ada makan pion lawan.

sumber : m.kaskus.co.id

Ludo

Ludo juga tujuan mainnya mirip sama halma, yaitu kamu musti mindahin pion kamu ke kandangnya. Tapi ludo mainnya pake dadu dan peraturannya lebih rumit. Untuk ngeluarin satu pion ke arena, kamu musti ngeluarin angka 6 dulu di dadu. Terus misalnya kalo pion lawan jalan dan berenti di kotak yang ada pion kamu, berarti pion kamu musti balik kotak awal. Waktu buat main ludo ini lumayan lama dibandingin board game yang lainnya, tapi emang lebih seru sih.

sumber : m.kaskus.co.id

Congklak

Inti dari permainan ini adalah mindahin butir-butirnya itu ke lobang yang ada di samping itu. Kamu sama lawan kamu banyak-banyakan buat menang. Setiap lobang, kecuali dua yang di samping bakal diisi 7 butir, terus kamu mulai giliran kamu dengan milih lobang mana yang mau kamu kosongin, dengan ngambil semua isinya dan masukin ke lobang-lobang sebelahnya satu persatu sesuai dengan arah jarum jam. Kalo kamu berenti di lobang yg kosong, giliran kamu berenti. Kalo ada isinya, lanjut lagi dengan ngambil semua butir di lobang itu.

sumber : m.kaskus.co.id

sumber : m.kaskus.co.id

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap