5 Objek Wisata Menyenangkan di Papua

Mungkin masih cukup banyak yang memandang sebelah mata terhadap Papua, karena letaknya yang sangat jauh, apalagi kalau dibandingkan dengan Kota Jakarta. Belum lagi jika harus memikirkan beli tiket pesawat ke Papua yang harganya cukup lumayan.

objek wisata di papua

sumber gambar: rentalmobiljayapura.com

Meski demikian, harus diakui jika Papua memiliki keindahan alam yang tak dapat disaingi oleh kota-kota manapun di Indonesia, bahkan juga dunia.

Namun, bagi mereka yang ingin berlibur ke Kota Papua ini mereka harus berani atau bersedia mengeluarkan uang yang tidak sedikit.

Mulai dari tiket pesawat, penginapan, dan masih banyak lagi. Walaupun begitu, banyak orang yang rela mengeluarkan uang banyak untuk berpelesir ke Papua, untuk menyaksikan langsung keindahan yang ada di Papua.

Lalu apa sajakah obyek wisata di Papua yang tentunya menyenangkan atau wajib kita kunjungi? Berikut ini adalah ulasannya:

Raja Ampat

Siapa yang tidak mengenal wisata alam di Raja Ampat? Tidak sedikit juga masyarakat Indonesia yang membuat pernyataan jika sebelum mereka meninggal dunia, tempat yang harus disinggahi adalah Raja Ampat.

Jika demikian, berarti pulau di Raja Ampat ini memang memiliki keindahan yang tak dapat diungkapkan dengan kata-kata. Berlebihan? Tentu tidak, karena Raja Ampat benar-benar memuaskan siapapun yang pergi berlibur ke tempat tersebut.

Bahkan, bukan hanya warganegara Indonesia saja yang tertarik mengunjungi tempat ini, masyarakat dunia pun tertarik untuk berlibur ke Raja Ampat.

Raja Ampat sendiri memiliki empat pulau besar yang terdiri dari Pulau Waigeo, Pulau Missol, Pulau Salawati, dan Pulau Batanta. Mereka juga mempunyai beberapa pulau kecil yang bisa juga disinggahi untuk berlibur.

Berdasarkan catatan dari The Nature Conservancy, ada sekitar kurang lebih 75 persen makhluk hidup laut yang ada di dunia ini, dapat ditemui di perairan Raja Ampat.

Saat berenang dan diving atau menyelam, maka Anda bisa melihat sekitar lebih dari seribu ikan, serta penyu-penyu laut. Seru dan menarik bukan?

Pulau Rumberpon

Pulau ini berkisar di daerah Teluk Wondama atau 5 jam perjalanan dengan kapal dari Manokwari. Pulau Rumberpon dikenal dengan nama Pantai Pasir Panjang. Hal tersebut dikarenakan pulau ini memiliki garis pantai yang sangat panjang, yaitu kurang lebih mencapai 6 km.

Tidak hanya itu saja, di Pulau Rumberpon ini, para wisatawan juga bisa bertualang dengan menjajaki atau masuk ke Hutan Bakau yang ada di pesisir pulau ini.

Di tempat ini juga para wisatawan bisa dimanjakan dengan melihat burung-burung indah dan rusa yang berjalan dengan bebas.

Danau Sentani

Keindahan alam yang tak kalah menariknya, yang bisa dijumpai di Papua adalah Danau Sentani. Danau ini memiliki jarak tempuh kurang lebih sekitar 50 kilometer dari pusat Kota Jayapura.

Danau ini memiliki luas 9.360 hektare dan merupakan danau terbesar di Papua. Tidak hanya itu, Danau Sentani juga memiliki 22 pulau yang seakan menjadi hiasannya.

Banyak sekali aktivitas yang dapat Anda lakukan jika berlibur ke sin. Mulai dari wisata kuliner, berenang, memancing, atau mengitari danau tersebut dengan menyewa perahu.

Selain itu, Danau Sentani juga memiliki acara tersendiri, yaitu acara tahunan berupa Festival Danau Sentani. Acara ini biasanya diadakan pada pertengahan tahun atau tepatnya sekitar pertengahan bulan Juni.

Biasanya pada festival ini diramaikan dengan banyak pengunjung untuk melihat sejumlah pertunjukan kesenian dan budaya khas dari penduduk di kawasan Danau Sentani.

Pantai Amai

Jika ingin pergi ke pantai namun dengan suasana yang tidak ramai alias sepi, maka Pantai Amai merupakan tempat yang cocok untuk berlibur di Papua.

Pantai Amai memang terlihat lebih sepi dan tenang jika dibandingkan dengan pantai-pantai lain di Papua, namun bukan berarti tempat ini tidak menarik atau tidak menyenangkan untuk dijadikan tempat berlibur.

Di pantai ini, para wisatawan juga diperbolehkan untuk berenang, menyelam, atau sekadar snorkling sekalipun. Anda juga bisa menyewa gazebo yang berada di Pantai Amai ini dengan harga kurang lebih sekitar 50 ribu rupiah.

Pantai Amai ini memiliki jarak tempuh kurang lebih sekitar dua jam dari Kota Jayapura. Namun perjalanan menuju Pantai Amai tidak terlalu mulus karena berliku-liku. Kendati demikian, semuanya tidak akan terasa apalagi jika kita diselimuti dengan rasa penasaran dan menikmati keindahan alam di Pantai Amai.

Taman Nasional Cenderawasih

Taman Nasional Cenderawasih diresmikan oleh Kementerian Kehutanan pada tahun 1993 silam. Artinya, taman ini telah berusia lebih dari 20 tahun.Meski begitu, Taman Nasional Cenderawasih nyatanya masih mengundang banyak minat dari banyak orang untuk dijadikan objek wisata.

Taman Nasional Cenderawasih memiliki luas nyaris mencapai sekitar 1.500 hektar dan hampir seluruhnya dipenuhi dengan perairan. Di taman ini, terdapat lebih dari 196 moluska atau siput dan juga terdapat hampir 210 jenis ikan yang bisa dilihat di lautnya.

Menariknya, Anda tidak hanya bisa melihat beranekaragam ikan hias atau penyu di lautan taman ini, tetapi juga ikan hiu dan lumba-lumba pun juga ada. Menarik bukan?

Jangan memikirkan harga tiket yang mahal jika ke Papua. Untuk penginapan dan akomodasi kamu bisa mengandalkan booking hotel termurah lewat OTA ternama seperti Reservasi.com yang selalu memberikan promo terbaik.

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap