5 Jenis Asuransi Yang Perlu Dimiliki

Melindungi aset Anda yang paling berharga adalah langkah penting dalam pembuatan rencana keuangan pribadi yang solid. Kebijakan asuransi yang tepat akan membantu Anda dalam menjaga daya produktif dan harta benda. Pada artikel ini, kami akan menunjukkan lima jenis asuransi yang harus anda miliki.

1. Asuransi Cacat Tubuh
Prospek kecacatan jangka panjang sangat menakutkan sehingga beberapa orang hanya memilih untuk mengabaikannya. Sementara kita semua berharap bahwa, “tidak ada yang akan terjadi pada saya,” mengandalkan pada harapan untuk bisa melindungi kekuatan penghasilan masa depan Anda adalah bukan ide yang cukup baik. Sebaliknya, memilih asuransi cacat yang menyediakan perlindungan cukup memungkinkan Anda untuk terus melanjutkan gaya hidup Anda saat ini bahkan jika Anda tidak dapat lagi terus bekerja.

2. Asuransi Jiwa
Asuransi jiwa melindungi orang-orang yang secara finansial tergantung pada Anda. Jika orang tua Anda, pasangan hidup, anak atau orang-orang terkasih lainnya akan menghadapi kesulitan keuangan jika Anda meninggal dunia, asuransi jiwa harus menjadi yang tertinggi dalam daftar kebijakan asuransi yang diperlukan. Pikirkan tentang berapa banyak yang anda peroleh setiap tahun (dan jumlah tahun yang Anda rencanakan untuk tetap aktif bekerja) dan membeli polis asuransi yang akan menggantikan pendapatan tersebut bahkan dalam hal jika ajal dating lebih cepat karena sesuatu hal. Hitung juga biaya pemakaman, karena biaya tak terduga juga menjadi beban bagi banyak keluarga.

3. Asuransi Kesehatan
Melonjaknya biaya perawatan medis adalah alasan yang cukup untuk membuat asuransi kesehatan sebagai suatu keharusan. Bahkan kunjungan rutin ke dokter keluarga dapat menghasilkan tagihan yang cukup besar. Sakit atau cedera yang lebih serius mengakibatkan rawat inap di rumah sakit dapat menghasilkan tagihan yang jauh lebih besar daripada berlibut satu minggu di sebuah resor mewah. Sakit yang memerlukan operasi bisa dengan cepat menambah digit tagihan rumah sakit Anda. Meskipun biaya yang terus meningkat dari asuransi kesehatan merupakan beban keuangan untuk hampir semua orang, potensi biaya dari tidak memiliki polis kesehatan bisa jauh lebih tinggi.

4. Asuransi Rumah
Mengganti rumah Anda adalah proposisi yang mahal. Memiliki asuransi rumah yang tepat dapat membuat proses sedikit lebih mudah. Ketika membeli polis asuransi rumah, cari satu polis yang meliputi penggantian struktur dan isi rumah di samping biaya hidup di tempat lain sementara rumah Anda sedang diperbaiki.

Perlu diingat bahwa biaya pembangunan kembali tidak perlu termasuk biaya tanah, karena Anda sudah memilikinya. Tergantung pada umur rumah Anda dan fasilitas yang ada didalamnya, biaya untuk menggantinya bisa lebih atau kurang dari harga yang telah Anda bayar. Untuk mendapatkan perkiraan yang akurat, cari tahu berapa ongkos bangung dari pengembang lokal per meter persegi dan kalikan jumlah itu dengan luas rumah Anda yang perlu dilindungi polis. Jangan lupa untuk menghitung biaya upgrade dan fitur khusus. Juga, pastikan polis menyediakan penggantian yang memadai untuk biaya atas cedera yang terjadi di properti anda.

5. Asuransi Kendaraan
Asuransi kendaraan memang bukan sesuatu yang terlihat wajib namun kecelakaan bisa terjadi dimana saja dan kapan saja. Dengan memiliki asuransi kendaraan berarti Anda sedang melindungi aset berharga yang anda miliki, bukan saja nilai mobilnya yang anda lindungi namun juga keselamatan anda dan pengguna jalan lainnya. Perlu diingat bahwa kecelakan lalu lintas tidak serta-merta hanya melibatkan kendaraan Anda, bahkan seringkali ada beberapa pihak yang terlibat dan Anda bisa digugat lalai (jika kecelakaan disebabkan oleh Anda) menurut hukum. Hal ini tentunya akan menghabiskan banyak biaya, dan jika telah memiliki asuransi kendaraan, setidaknya satu beban resiko telah Anda kurangi dan jangan lupa pilihlah best car insurance yang terpercaya.

* Tambahan: Untuk pemilik bisnis
Sebagai tambahan dalam jenis asuransi diatas, pemilik bisnis saat ini telah perlu untuk mengasuransikan bisnisnya. Perlindungan asuransi ini akan sangat terasa jika bisnis Anda harus melewati masa-masa suram bahkan ketika menuju kebangkrutan. Resesi ekonomi bisa menyerang kapan saja, dan polis asuransi bisnis bisa menyelamatkan Anda serta pekerja-pekerja yang terlibat didalamnya.

Pilih Dengan Seksama
Polis asuransi datang dalam berbagai bentuk dan ukuran dan menampilakn banyak fitur, manfaat dan harga yang berbeda. Pilihlah dengan hati-hati, membaca klausul polis dan tanyakan dengan tenaga penjual untuk memastikan bahwa Anda telah mengerti perlindungan dan biaya yang ditawarkan. Pastikan Anda membeli polis yang memadai kebutuhan anda, dan jangan menandatangani polis tersebut sampai Anda puas dengan penawaran yang diberikan.

sumber : http://www.fileinvestasi.com

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

1 Comment

Add a Comment
  1. sepertinya saya perlu membuat asuransi bisnis juga agar di kedepan harinya bisnis saya bisa tetap terjamin
    terima kasih atas info asuransi ini, sangat bermanfaat bagi saya

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap