4 Tip Menjaga Pola Hidup Sehat

Semua orang tentu ingin selalu diberi kesehatan, apalagi setiap tahun usia bertambah atau bagi sebagian orang berkurang. Salah satu usaha yang bisa dilakukan agar bisa terus terjaga kesehatan hingga tua adalah dengan melakukan pola hidup sehat. Namun sering timbul pertanyaan, bagaimana sih sebenarnya menjaga pola hidup sehat? Jawabannya sebenarnya gampang-gampang susah karena pola hidup sebenarnya tidaklah susah namun memang juga bukan perkara gampang untuk dilakukan.

pola-hidup-sehat

Niat. Itulah kata pertama yang harus dimiliki oleh anda yang memang ingin hidup sehat karena tanpa niat yang kuat maka keinginan hidup sehat hanya akan jadi angan belaka. Niat yang kuat tentunya akan menimbulkan rasa kemauan yang besar terhadap apa yang dilakukan. Selain itu, keadaan tubuh setiap orang berbeda-beda sehingga anda jangan terkejut kadang melihat teman yang begadang berhari-hari namun tubuhnya selalu fit dan berbanding terbalik dengan teman sebelah duduk anda yang baru sekali saja begadang sudah mendadak sakit besoknya. Hal itu tak lain karena setiap orang berbeda daya tahan tubuhnya.

Berikut beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk menerapkan pola hidup sehat:

  • Olahraga teratur

Intinya sih sebenarnya keteraturan sebab kalau cuma olahraga tapi tidak teratur juga tidak baik. Luangkan waktu anda sekali dalam seminggu untuk benar-benar olahraga atau kalau memang punya sedikit waktu senggang di tiap hari coba cari olahraga yang cocok yang bisa dilakukan. Olahraga yang teratur tentunya juga akan memberikan efek yang bagus bagi kesehatan tubuh seperti daya tahan tubuh yang semakin baik, peredaran darah menjadi lancar, dan sebagainya.

  • Jaga pola makan

Salah satu inti hidup sehat adalah pola makan yang sehat. Kurangi atau kalau bisa hilangkan kebiasaaan makan-makanan yang mengandung pengawet, makan-makanan yang berlemak/bersantan atau gorengan serta makanan junk food/cepat saji. Makananlah makanan yang mengandung gizi seimbang, jangan terlalu banyak karbohidrat dan mengabaikan gizi dan vitamin lain. Buatlah jadwal makan agar makan bisa teratur, bukan sekedar makan.

  • Cukup istirahat

Tubuh tentunya juga punya tiitik jenuh kalau selalu ditekan untuk bekerja. Cobalah untuk istirahat sejenak. Atur juga pola tidur malam, jangan sampai semalaman begadang hingga membuat tidak tidur malam. Kurangi kebiasaan tidur larut malam. Kurang istirahat akan membuat tubuh cepat letih dan lesu yang berujung kurang konsentrasi, tentunya itu tidak baik untuk pekerjaan anda.

  • Berpikir positif

Berusahalah untuk selalu berpikir positif tentang sesuatu. Jangan biarkan pikiran-pikiran buruk mengganggu anda yang pada akhirnya hanya akan membuat stress. Ketika pikiran terasa buntu atau bingung karena terlalu banyak tekanan, cobalah untuk rileks. Ajak otak anda untuk bersenang-senang, lakukan hobi anda karena dengan melakukan sesuatu yang menyenangkan anda maka otak bisa kembali menjadi lebih fresh.

Semoga tulisan 4 Tip Menjaga Pola Hidup Sehat ini bisa membantu anda. Mari bersama menjaga kesehatan karena lebih baik mencegah daripada mengobati. Sehat itu mahal.

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap