3 Point untuk Mengenal Seluk-beluk Asuransi Kesehatan

Kesehatan adalah sebuah persoalan yang tidak tentu, hari ini sehat dan segar bugar namun keesokan harinya tidak ada jaminan akan demikian. Rawannya kesehatan yang terganggu membuat banyak orang kemudian mengajukan permohonan asuransi kesehatan yang dianggap terbaik. Semakin tumbuhnya kesadaran untuk menjadi warga berasuransi menjadikan semakin banyak pula penyedia produk perlindungan kesehatan ini. Anda bisa menjumpai perusahaan asuransi swasta maupun negeri, yang dikelola warga lokal maupun asing.

cari tahu asuransi kesehatan

Banyak pilihan, apakah semuanya berkualitas sama?

Sebuah perusahaan pasti dibentuk dan dijalankan oleh personal yang memiliki kepribadian dan keahlian yang berbeda. Orientasi dalam memberikan pelayanan yang tidak seragam membuat dari sekian perusahaan asuransi pelayanannya yang berbeda. Sebelum membahas lebih dalam, mari kita tanyakan pada diri kita apakah siap dengan keberadaan produk asuransi? Asuransi menjadi sebuah produk jasa baru dan pemahamannya masih terbatas.

Sebagian besar orang hanya paham produk ini membantu membayar biaya pendidikan, biaya perawatan rumah sakit, dan asuransi dana pensiun untuk jaminan hari tua, dan sejenisnya.

Padahal sebuah produk asuransi ternyata memiliki pemahaman yang lebih dalam, sebab ada banyak jenis produknya. Ada beberapa orang yang merasa telah salah memilih produk asuransi yang justru menjadi beban yang semakin bertambah dan bertambah.

Adanya biaya premi, biaya pajak, dan berbagai jenis biaya yang muncul belakangan. Memberikan sebuah gambaran betapa minimnya pengetahuan kita perihal produk jasa yang sebenarnya bersifat melindungi dan bukan menjadikan pemiliknya semakin miskin dan tertekan.

Memahami seluk-beluk produk asuransi

Kondisi yang seperti ini tidak akan perlu dialami apabila sebelum memiliki salah satu atau beberapa sekaligus dari produk asuransi. Anda sudah terlebih dahulu melakukan riset dan terjun langsung ke lapangan agar memilih produk yang tepat. Langkah-langkah ini merupakan wujud persiapan yang matang, tidak hanya mental namun juga dari segi finansial.

Persiapan ini penting untuk bisa lebih memahami seluk-beluk produk proteksi. Ada beberapa hal yang perlu dipahami sebelum memutuskan membeli polis asuransi, diantaranya:

  1. Jenis produk

Meski memiliki istilah sama, yakni “produk asuransi”, yang memiliki tujuan sama yakni memberikan perlindungan. Ternyata setelah masuk ke salah satu kantor asuransi dan bertanya lebih dalam, Anda akan mengetahui fakta. Bahwa produk asuransi untuk satu jenis saja sudah sangat banyak, semisal untuk jenis kesehatan. Anda bisa mengetahui kesehatan untuk diri sendiri, keluarga, atau untuk buah hati yang masih dalam kandungan. Semuanya perlu dipahami aturannya sehingga ke depan tidak terkaget-kaget dengan biaya dan cara mengajukan klaim.

  1. Kisaran biaya premi

Mengetahui besarnya biaya premi per bulan menjadi salah satu pemahaman yang wajib diketahui secara mendetail. Selain premi cari informasi mengenai penangguhan sebelum masa jatuh tempo dan apakah mendapatkan penalti atau tidak. Adakah biaya administrasi dan biaya-biaya lainnya, point-point terkait biaya ini menjadi dasar untuk memilih produk asuransi. Lakukan survei kepada orang-orang sekitar yang sudah menggunakan produk sejenis sehingga lebih paham konsekuensinya.

  1. Prosedur pengajuan klaim

Banyak orang yang mengeluhkan betapa ribetnya mengurusi pengajuan klaim untuk mendapatkan ganti biaya-biaya yang sudah dikeluarkan. Beberapa perusahaan seperti perusahaan asuransi prudential bahkan harus menolak aplikasi klaim karena kurangnya dokumen atau memilih tempat yang keliru.

Semisal bengkel kendaraan yang salah, rumah sakit yang tidak bekerja sama, dan lain sebagainya. Kekeliruan dalam memahami tata cara mengajukan klaim bisa membuat asuransi kesehatan yang sudah dibeli tidak memberikan manfaat. Maka sudahkah Anda kenal dengan produk asuransi yang dimiliki?

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap