3 Faktor Penyebab Penyakit Diare

Diare merupakan salah satu penyakit yang bisa menimpa siapa saja, tak peduli bayi, anak, remaja maupun dewasa. Diare dapat diartikan sebagai kegiatan buang air besar lebih dari tiga kali sehari dengan konsistensi lembek atau cair, namun pengertian yang umum adalah apabila terdapat salah satu atau lebih gejala peningkatan frekuensi defekasi, konsistensi feses dan jumlah feses. Penyakit diare seringkali dianggap remeh padahal kalau dibiarkan berlarut, penyakit diare bisa mengakibatkan dehidrasi (kekurangan cairan dalam tubuh). Penyebab penyakit diare bisa bermacam-macam mulai dari makanan, obat-obatan, virus, bakteri, parasit, pengaruh psikis. Tentunya agak sulit untuk menentukan secara pasti apa penyebab diare secara pasti namun dari sekian banyak faktor penyebab penyakit diare, rata-rata penyakit diare dikarenakan oleh 3 faktor yaitu virus, bakteri, dan parasit.

Diare

Virus adalah salah satu faktor umum sering terjadi penyakit diare. Virus ini bisa berpindah tempat atau menular dari satu orang ke orang lain dengan banyak cara seperti berbagi peralatan makan, berjabat tangan atau lainnya yang dilakukan bersama. Seringkali anak-anak yang punya risiko ini karena mereka rata-rata menghabiskan waktu di luar rumah serta bermain-main bersama temannya. Ada beberapa virus yang menjadi penyebab terjadi diare, antara lain: Norwalk virus, cytomegalovirus, virus herpes simplex, virus hepatitis namun yang paling umum adalah Rotavirus.

Bakteri juga merupakan salah satu penyebab terjadi diare pada anak-anak maupun dewasa. Bakteri seringkali terjadi karena masalah kebersihan baik itu diri sendiri maupun karena lingkungan. Bakteri bisa berpindah dari makanan yang tidak tersimpan dengan baik ataupun ketika membersihkannya tidak tepat. Ada beberapa bakteri penyebab diare diantaranya E.coli bacteria, Salmonella enteritidis bacteria, Campylobacter bacteria, dan Shigella bacteria.

Selain virus dan bakteri, parasit juga merupakan penyebab terjadinya penyakit diare. Ada banyak jenis parasit yang dapat menyebabkan diare antara lain: protozoa, cacing dan jamur. Umumnya diare yang terjadi karena parasit disebabkan oleh masuknya air kotor ke dalam tubuh kita baik itu lewat minuman, danau, sungai maupun kolam renang yang terkontaminasi parasit itu.

Itulah 3 faktor umum penyebab sering terjadinya penyakit diare yang menimpa anak-anak maupun dewas. Selalu jaga kebersihan lingkungan anda, selalu cuci tangan sebelum makan dan tentunya gaya hidup sehat bisa membantu anda terhindar dari berbagai penyakit. Jangan remehkan kalau anda sedang terkena diare, segeralah berobat ke dokter.

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap