3 Cara mendidik anak untuk orang tua pintar

Cara mendidik anak adalah suatu kewajiban yang utama untuk orang tua baik Bunda maupun Ayah yang mempunyai buah hati. Pendidikan anak harus ditanamkan sejak dini sebelum mereka memasuki bangku sekolah yang tentunya pendidikan ini melalui keluarga dan ditangani langsung oleh orang tua. Cara mendidik anak akan sedikit mengulas hal dasar tentang bagaimana cara serta adab dalam mendidik anak.

cara mendidik anak yang baik

 

Bagian dari mendidik anak yang mendasar harus dipahami oleh orang tua seperti apabila anak-anak dalam masa kecil dibiasakan dengan hal-hal baik maka ia akan tumbuh dengan kebaikan. Sebaliknya apabila anak-anak dalam masa kecilnya setiap biasakan hal-hal buruk maka ia akan berkembang dengan keburukan tersebut. biasakan hal – hal berikut dalam mendidik anak.

  1. Membiasakan anak untuk sederhana dalam makan

Hendaknya anda sebagai orang tua melatih anak supaya tidak bermewah- mewahan dalam makan. Seperti ketika makan harus memakai lauk ikan, daging, ayam dan lain-lain. Agar tidak menimbulkan bahwa makan setiap hari dengan laut tersebut. Anda juga harus mengajarinya agar tidak terlalu banyak makan dan memberi pujian kepada anak yang demikian hal tersebut bertujuan untuk menghindari kebiasaan buruk yaitu mementingkan isi perutnya saja.

  1. Menjaga pergaulan anak

Sebagai orang tua anda jarus menjaga anak dari pergaulan dengan anak-anak yang biasa bermewah-mewahan dan bersikap angkuh. Apabila ini dibiarkan maka bisa jadi ketika anak dewasa ia akan berakhlak dan bersifat demikian. Pergaulan yang jelek akan sangat berpengaruh bagi anak, karena bisa jadi setelah dewasa yang memiliki sifat buruk akibat dari pergaulan yang salah pada masa kecilnya.

  1. Memberi hiburan yang positif

Sebaiknya anak diberi hiburan yang positif sebagai salah satu cara mendidik anak untuk melepaskan kepenatan atau refreshing setelah belajar membaca, di perpustakaan atau saat mereka telah selesai melakukan suatu kegiatan. Ajak anak sharing untuk membahas apa saja yang telah dilakukannya hari ini. Untuk melengkapi kebersamaan tersebut hendaknya anda berbicara bersama anak anda dengan ditemani secangkir teh Sariwangi yang akan menambah suasana kenyamanan anak untuk bercengkrama dengan anda sebagai orang tuanya.

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap