12 Cara Menjalani Hidup Dengan Bahagia

hidup

shaleholic.com – Hidup adalah sebuah nikmat yang sulit dibayangkan bahkan sulit tergantikan bahkan banyak orang berharap punya kehidupan kedua agar mereka bisa melakukan sesuatu yang mereka inginkan. Hidup itu indah dan damai namun hidup kadang juga tak sesuai harapan. Kita berharap hasilnya A namun kadang menjadi E tapi hidup selalu memberikan makna walau itu sebuah cobaan sekalipun. Dalam menjalani hidup tentunya banyak orang berharap bisa hidup dengan bahagia. Berikut ada 12 Cara Menjalani Hidup Dengan Bahagia yang saya kutip dari kabar24.com.

1. Bersyukur
Bersyukur terhadap apa yang Anda punya saat ini dalam hidup Anda. Karena dengan bersyukur, Anda akan bisa lebih menghargai hidup dan tentunya membuat Anda bahagia dalam menjalani hidup. Bersyukur bahkan merupakan tindakan terkecil sekaligus terbesar yang bisa Anda lakukan untuk meraih kebahagiaan. Anda tidak perlu keluar rumah atau membeli barang mahal.

2. Optimistis
Orang-orang sukses adalah orang-orang dengan sikap optimis. Dua orang yang sedang menghadapi musibah yang sama belum tentu mengalami akhir yang sama jika keduanya mempunyai sifat yang berbeda. Orang dengan rasa optimistis yang lebih besar mempunyai kecenderungan untuk bangkit dari kegagalan lebih cepat. Kegagalan atau musibah akan dilihat lebih sebagai bahan pembelajaran untuk terus berkembang.

3. Jangan terlalu banyak berpikir
Bagaimana rasanya jika Anda dibandingkan dengan orang lain? Apakah rasanya menyenangkan selalu dibandingkan? Tentu tidak. Terkadang manusia menjadi sangat keras terhadap dirinya sendiri dengan membanding-bandingkan. Masalahnya adalah, selalu akan ada orang yang lebih dari pada Anda. Selalu akan orang yang lebih muda, lebih ganteng, lebih cantik, dan lebih lainnya. Jika Anda butuh suatu perbandingan untuk melihat sejauh mana Anda berkembang, jangan bandingkan diri Anda dengan orang lain. Namun, lihat diri Anda sendiri. Bandingkan diri Anda sekarang dengan 1 atau 5 tahun ke belakang, apakah lebih baik? Dengan cara tersebut, Anda bisa menjadi pribadi yang lebih bahagia.

4. Berbuat baik pada siapa pun
Pernah mendengar peribahasa “Tangan yang Anda tolong hari ini bisa jadi merupakan tangan yang akan menolong Anda esok hari?” Namun, jangan jadi pamrih dalam berbuat kebaikan. Berbuat baiklah pada siapa pun dan apapun. Berbuat baik akan melepaskan hormon bernama serotonin dalam otak. Serotonin adalah suatu hormon yang dapat membuat Anda lebih ceria dan bahagia. Berbuat baik juga akan menjadikan Anda orang yang tidak egois dan secara otomatis akan membuat Anda lebih mudah melihat keindahan hidup.

5. Jaga hubungan
Orang-orang yang bahagia cenderung mempunyai hubungan yang erat dan bermakna. Mereka tidak larut dalam kebahagian melalui barang yang gampang hilang. Sebuah studi bahkan menyatakan bahwa tingkat kematian akan meningkat dua kali lipat jika Anda merasa sendirian. Maka mulai dari sekarang, luangkan waktu untuk sekedar berbicara dengan orang-orang yang Anda anggap penting. Tulis surat elektronik, sms, atau telepon mereka dan perbaiki hubungan yang renggang karena Anda terlalu sibuk.

6. Belajar untuk bangkit
Akan ada momen dalam hidup Anda ketika semua berjalan di luar rencana. Anda melakukan yang terbaik namun mendapat hasil terburuk. Sulit memang untuk bangkit segera dari kegagalan. Namun, Anda harus berstrategi dalam menghadapi naik turun kehidupan. Duduk diam, pikirkan apa yang terjadi, seberapa jauh ini mempengaruhi hidup Anda dan apa yang bisa Anda lakukan untuk bangkit.

7. Belajar untuk memaafkan
Benci adalah sifat yang sangat mematikan. Anda juga akan dibutakan untuk melihat hal-hal indah dalam hidup karena sifat benci. Maka belajarlah untuk memaafkan. Memaafkan bukan berarti Anda bisa terus-terusan memaklumi kesalahan orang lain.

8. Fokus
Alasan kenapa orang merasa tidak bahagia adalah mereka tidak fokus. Fokus dengan apapun yang Anda lakukan. Dengan begitu Anda akan lebih merasakan nilai manfaat dari apa yang dikerjakan.

9. Buat pengalaman baru tiap hari
Sesuatu yang rutin pasti menimbulkan kejenuhan. Sama seperti kolam yang tidak mempunyai irigasi yang baik. Air yang ada di kolam menjadi keruh dan butek. Hal yang sama juga terjadi pada hidup Anda jika tidak diisi dengan pengalaman baru.

10. Berdoa
Berdoa tidak harus identik dengan pergi ke tempat ibadah. Berdoa bisa Anda lakukan kapanpun dan dimana pun. Ketika Anda berdoa, maka Anda menyadari ada kekuatan yang lebih besar dari pada Anda di luar sana. Hal ini akan membuat Anda It enables us to connect to the source terkoneksi dalam hal-hal yang ada di hidup. Pernah membaca The Alchemist? Ketika tokoh merasakan bahwa sekelilingnya mempunyai energi? Hal ini akan menjadikan Anda orang yang lebih berbahagia.

11. Rawat tubuh Anda
Anda boleh saja merasa muda namun tubuh Anda tidak akan bohong. Jika Anda tidak merawat tubuh Anda, maka sulit sekali untuk menikmati hidup. Olah raga bukan hanya sekedar membuat tubuh Anda bugar, namun juga untuk membuat tubuh rileks. Olah raga akan menjaga mental energy (fokus), emosi, dan energi spiritual.

12. Tahu kapan berhenti
Hidup terlalu indah dijalani dengan terburu-buru. Namun, dengan adanya teknologi, manusia cenderung menginginkan sesuatu yang instan. Sesuatu dijalani serba terburu-buru. Berhenti sebentar, lihat dan rasakan sekeliling Anda.

Hidup memang indah laksana computer tracking software yang memonitar apa saja yang kita inginkan

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap