10 Makanan Sehat Untuk Jantung Sehat

Jantung merupakan organ penting dalam tubuh manusia dari sanalah sirkulasi darah mengalir dan penyakit jantung juga menjadi penyakit nomor satu yang membunuh manusia. Penyakit jantung seringkali terjadi karena pola gaya hidup dan pola makan yang salah, jadi untuk mengurangi dan melawan risiko penyakit jantung adalah merubah gaya hidup dan pola makan. Ada banyak makanan yang dianggap baik untuk kesehatan jantung, berikut beberapa makanan sehat untuk jantung yang bisa anda konsumsi demi jantung sehat

makanan-sehat-untuk-jantung

  1. Bayam
    Sayuran hijau ini tentu sering anda jumpai di pasar baik di pasar tradisional maupun pasa modern. Namun seringkali tidak tahu apa saja khasiatnya. Bayam ternyata bagus untuk menyehatkan jantung karena di dalam bayam terkandung serat dan potasium yang dikenal bisa mengurangi risiko penyakit jantung.
  2. Ikan
    Tentunya anda sudah sering mengkonsumi ini bahkan mungkin sering kali. Bagi yang malas makan ikan setidaknya bisa mengkonsumsi ikan sekali dalam seminggu. Namun memang ikan yang disarankan untuk dikonsumsi adalah ikan yang banyak mengandung asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3 dikenal bisa mengurangi risiko penyakit jantung karena mampu melancarkan peredaran darah dan mengurangi kolestrol jahat serta memperbaik denyut jantung.
  3. Jeruk
    Buah yang satu ini selain kaya akan kandungan vitamin C dan serat. Ternyata juga bagus untuk kesehatan jantung, salah satunya karena buah jeruk mengandung flavanon diantaranya terdapat senyawa hesperidin phytonutrisi. Senyawa Hesperidin sendiri telah terbukti mampu mengurangi kolestrol jahat serta meningkatkan kolestrol baik.
  4. Kacang
    Kacang-kacangan merupakan salah satu makanan yang baik untuk menurunkan kolestrol karena kacang-kacangan mengandung sumber serat larut. Selain itu kandungan antioksidan dalam kacang-kacangan juga baik untuk membantu menghindari jantung dari radikal bebas.
  5. Yogurt
    Selain terkenal dapat meningkatkan kesehatan khususnya pencernaan. Yoghurt juga mampu membantu dalam kesehatan jantung.
  6. Kedelai
    Kayanya akan kandungan asam lemak omega-3 membuat kedelai layak menjadi makanan sehat untuk jantung.
  7. Oat
    Tentunya makanan ini sudah terkenal karena selain kaya akan kandungan serat yang bagus untuk kesehatan. Oat juga memiliki senyawa yang bernama saponin yang bisa mengikat kolesterol dan membawanya keluar dari tubuh. Selain itu Oat juga banyak mengandung antioksidan yang dapat membantu menjaga kolestrol. Sarapan dengan oat bisa membantu mengurangi risiko sakit jantung.
  8. Minyak Zaitun
    Kebiasaan menggoreng dengan minyak kelapa sawit sebaiknya anda kurangi karena memang kurang sehat. Sebaiknya mulailah beralih menggunakan minyak zaitun untuk memasaka karena minyak zaitun mampu mengurangi risiko terkena penyakit jantung.
  9. Teh
    Minuman ini mungkin paling banyak dikonsumsi oleh orang Indonesia namun alangkah lebih baik teh yang dikonsumsi teh hijau karena bagus untuk kesehatan jantung. Teh hijau mengandung antioksidan yang mampu mengurangi kemungkinan kolestrol jahat menempel pada arteri.
  10. Berry
    Kranberi (Cranberry) maupun Blueberry termasuk buah yang disarankan dikonsumsi karena banyak mengandung antioksidan yang mampu membantu mencegah kerusakan pada pada lapisan pembuluh darah

Itu beberapa makanan yang bisa anda konsumsi untuk jantung sehat. Mengkonsumsi makanan sehat demi jantung sehat lebih nikmat daripada mengkonsumsi obat untuk kesehatan jantung. Yuk hidup sehat 😀

 

 

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap